Bumi ini bukanlah rumah terakhir kita

Kehidupan kita di bumi ini menjadi bermakna karena hanya sepanjang 70 tahun atau 80 tahun saja. Jikalau kita mencapai 500 atau 1000 atau bahkan 1 juta tahun kehidupan, maka saya yakin hidup kita akan kehilangan maknanya.

Banyak saya dengar yang mempertanyakan mengapa Tuhan mengizinkan ada penderitaan di dunia sekarang ini. Saya menemukan jawabannya. Rick Warren dalam The Purpose Driven Life menuliskan demikian “Untuk menjaga agar kita tidak menjadi terlalu terikat pada dunia, Allah membiarkan kita merasakan cukup banyak kesedihan dan ketidakpuasan di dalam kehidupan, yakni keinginan-keinginan yang tidak pernah akan terpenuhi di sisi ini dari kekekalan. Kita tidak benar-benar bahagia di sini karena seharusnya memang tidak! Bumi bukanlah rumah terakhir kita; kita diciptakan untuk sesuatu yang jauh lebih baik.

Alkitab menuliskan alegori-alegori sederhana yang mirip untuk menunjukkan kepada kita bahwa bumi ini bukanlah rumah sejati kita.

  • “Hari-hariku berlalu lebih cepat dari pada seorang pelari, lenyap tanpa melihat bahagia” (Ayub 9:25)
  • “Ingatlah, bahwa hidupku hanya hembusan nafas” (Ayub 7:7)
  • “Sebab kita, anak-anak kemarin, tidak mengetahui apa-apa; karena hari-hari kita seperti bayang-bayang di bumi” (Ayub 8:9)
  • “Ya TUHAN, beritahukanlah kepadaku ajalku, dan apa batas umurku, supaya aku mengetahui betapa fananya aku!” (Mazmur 39:5)
  • “Sebab hari-hariku habis seperti asap” (Mazmur 102:4)
  • “Aku ini orang asing di dunia” (Mazmur 119:19)
  • “Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini” (Ibrani 11:13)

Karena itu, berhenti hidup berfokus pada dunia ini. Berfokuslah pada kekekalan!

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.