Yang saya harapkan dari Ubuntu 11.04

Saat ini saya sedang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu 10.10, dan bulan April nanti akan dirilis Ubuntu 11.04 terbaru. Berdasarkan pengalaman menggunakan Ubuntu 10.10, saya rasa ada beberapa perbaikan yang mungkin perlu dikerjakan bagi Ubuntu 11.04 supaya lebih baik.

Seperti diketahui bersama, bahwa Ubuntu 11.04 nanti tidak akan menggunakan desktop Gnome tetapi berganti dengan Unity. Desktop Unity ini sudah dirilis pada Ubuntu 10.10 versi netbook (Netbook Remix Ubuntu). Memang cukup mengesankan, tetapi ada ganjalan menurut saya, yaitu tidak bisa menggunakan desktop efek Compiz. Bagi saya ini cukup mengecewakan, tetapi sepertinya hal ini akan diperbaiki dalam Ubuntu 11.04 yang meskipun menggunakan Unity tetapi sudah mengadopsi Compiz.

O’ya, mulai Ubuntu 11.04, tidak ada lagi versi desktop maupun versi netbook, tetapi akan dijadikan satu. Masukan saya berikutnya adalah berkenaan dengan pengelompokan kategori aplikasi. Di Unity Ubuntu 10.10 netbook, hanya ada beberapa kategori aplikasi di desktop, mungkin ini untuk meringankan. Tetapi bagi saya ada beberapa yang mengganggu, misalnya kita tidak bisa menemukan kategori Education. Aplikasi-aplikasi yang masuk kategori ini hanya bisa diakses lewat kategori All Program. Yah, moga-moga bisa diperbaiki juga untuk yang ini.

Kemudian, saya kok merasa Ubuntu 10.10 lebih berat ya daripada Ubuntu 10.04. memang sih untuk instalasinya lebih cepat, tetapi sepertinya lebih berat kalau sudah login ke desktop Ubuntu 10.10. Harapan saya, Ubuntu 11.04 menjadi lebih ringan daripada yang sekarang ini.

Okelah, kita nantikan Ubuntu 11.04 besok April ya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.