Ganti kartu SIM di Galeri Indosat Solo

Kasusnya dimulai beberapa bulan ini, seringkali terjadi gangguan koneksi di HH saya. Terutama koneksi internet yang tidak stabil. Di rumah saja, pindah jarak 3 meter, bisa langsung terputus koneksi internetnya. Bahkan beberapa kali signal hilang sama sekali. O’ya, saya pengguna provider Indosat (dulu namanya IM3) sejak 2001, dan sampai sekarang belum pernah ganti nomor.

Saya curiga, jangan-jangan karena usia kartu SIM saya yang cukup tua yang jadi penyebabnya. Soalnya, waktu saya ganti dengan kartu SIM Indosat lainnya, koneksinya lancar jaya. Solusi paling mudah adalah ganti nomor saja, toh sekarang kartu perdana murah-murah, beda dengan kartu saya ini yang dulu saya beli seharga 150k. Tetapi pertimbangan kalau ganti nomor berarti harus menghubungi semua kontak membuat saya malas.

Sempat cari-cari informasi di forum-forum, googling dan banyak berita buruk tentang susahnya ganti kartu SIM di galeri Indosat. Akhirnya setelah koneksi internet semakin memburuk, tidak ada pilihan lain, kemarin 28 Februari 2014 saya nekat meluncur ke Galeri Indosat Solo di Purwosari. Kunjungan pertama lho sebagai pelanggan Indosat. Langsung saja mendekati mejanya salah satu mbak di sana, eh rupanya musti ke resepsionis dulu *malu*.

Di meja resepsionis ditemui seorang mas, ditanya apa keluhannya, lalu dicek apakah nomor saya benar terdaftar dengan nama saya. Cepat, tidak sampai satu menit, dan disarankan untuk melakukan penggantian kartu SIM. Kemudian saya diminta mengisi formulir, tidak banyak kok isiannya. Cuma nama, nomor kartu SIM, alamat, nomor identitas.

Indosat1

Kemudian ambil nomor antrian, tunggu 5 menit sudah dipanggil.Ā Langsung dilayani untuk ganti kartu baru, kartu SIM lama saya diminta, KTP dipinjam untuk difotokopi, dicek di sistem, dan dugaan saya benar, kartu SIM saya ternyata sudah uzur. Langsung dapat kartu SIM baru, dan katanya mbaknya tunggu 3 jam sebelum memasang kartu baru itu. Tidak masalah bagi saya, karena hubungan kerja lebih banyak menggunakan media online daripada dengan telepon atau sms. Semua prosesnya kurang dari 15 menit.

Indosat2

Tiga jam kemudian, di rumah, saya ragu-ragu apa sudah bisa dipasang ini kartu SIM yang baru. Akhirnya tanya ke akun Twitternya @IndosatCare

Indosat3

Indosat4

Setelah mendapat kepastian, dipasanglah kartu SIM yang baru. Duaaaaaaarrrr … muncul tulisan “Silakan tunggu” dan paniklah saya. Rupanya setelah itu ada pertanyaan apakah yakin untuk menukar (swap) kartu. Dijawab saja ya dan kartu SIM Indosat baru sudah bisa dipakai. Koneksi internet kembali lancar jaya, dan fitur-fitur yang tidak ada di kartu SIM lama sekarang bisa saya nikmati.

Nah, ini pengalaman saya. Kalau Anda punya pengalaman buruk yang berbeda dengan Galeri Indosat, yah … silakan komplain saja. Ini bukan promosi lhoh ya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.