Membuka proteksi file Microsoft Office dengan LibreOffice

Ceritanya kemarin ada file dari Dinas dalam format .xls dalam kondisi terkunci (=protected) dengan password, di-edit tidak bisa. Lhoh dari dinas pemerintahan kok masih pakai format Microsoft Excel? Bukannya pemerintah kita sudah mengeluarkan undang-undang tentang format resmi file-file pemerintahan adalah open document format (odt, ods, odp) dan PDF sejak bulan Maret kemarin? Ah, mana mau tahu mereka, alasannya kan selalu sama, dibilangnya lebih banyak yang pakai Microsoft Office dan Windows – padahal bajakan semua itu. Padahal paling-paling ya sebenarnya karena sudah terlalu lama bergantung pada aplikasi ini, malas belajar, dan malas berubah saja. Woi cukup … malahan curhat ini 🙂

Nah, kembali saja ke file Microsoft Office yang diproteksi itu tadi – belum tahu apakah selain format .xls juga bisa – kalau menggunakan opensource (baca: Linux) sebenarnya sangat mudah membukanya. Kalau di Ubuntu sudah ada aplikasi LibreOffice, kita pakai itu saja ya.

Langkah 1. Buka file yang diproteksi tadi dengan menggunakan LibreOffice.

protected01

Langkah 2. Simpan ulang (File > Save As…) file tersebut dalam format open dokumen, dalam kasus ini .ods (open document spreadsheet), kemudian tutup file.

Langkah 3. Buka file berformat .ods tadi, dan simpan ulang dalam format .xls. Kalau file tersebut diproteksi dengan password, akan muncul jendela dialog seperti di bawah ini.

protected02

Langkah 4. Dalam kasus ini, baik dokumen maupun setiap sheet-nya diberi password. Klik tombol Re-type dan pilih Remove password from this protected item. Lakukan pada semua item yang diproteksi dengan password.

protected03

Tombol Re-type akan menjadi abu-abu, dan statusnya akan berubah menjadi Not password-protected.

protected04

Langkah 5. Masuk ke Tools > Protect Document…, dan hilangkan semua tanda centang.

protected05

Langkah 6. Simpan kembali file tersebut, dan kini hilang sudah proteksi atas file tersebut.

Mudah kan, tidak perlu aplikasi tambahan lainnya, selamat mencoba.

Kalau ada pertanyaan, misalkan kita pasang LibreOffice di Windows, bisakah ini dilakukan? Logikanya sih bisa, cuma jangan pakai Windows bajakan ya 🙂

Dicoba pada:

  • Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
  • LibreOffice 4.0.2.2

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Membuka proteksi file Microsoft Office dengan LibreOffice

  1. libre user

    Sebenarnya itu adalah bug & sepengetahuan saya sudah diperbaiki di LibreOffice 4.1 & 4.2

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.