GCompris: sebuah aplikasi pendidikan

Uniknya aplikasi GCompris adalah menyasar pendidikan untuk anak mulai usia 2 tahun. Ada delapan kategori besar, dengan banyak aplikasi di dalamnya yang bisa digunakan untuk melatih anak-anak menggunakan komputer. Sekaligus juga belajar materi-materi lainnya seperti matematika dan bahasa.

Karena bagusnya aplikasi ini, hampir semua distro Linux sudah menyertakan GCompris dalam repositorinya. Saya menyarankan kalau ada SD yang menjalankan ekstra-kurikuler Komputer, aplikasi ini sangat layak dipakai, sekaligus juga bisa mendukung mata pelajaran lainnya. Selain itu, GCompris juga sudah mendukung Bahasa Indonesia, baik teks maupun audionya. Misalnya, kalau anak bisa mengerjakan satu perhitungan dalam aplikasi, akan ada suara “Benar!”, “Hebat!”, atau “Seratus!”.

Kalau di Ubuntu 12.04, langsung bisa dipasang lewat Ubuntu Software Center. Kalau mau unduh dari situsnya, silakan mampir ke http://gcompris.net/-id-

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “GCompris: sebuah aplikasi pendidikan

  1. Pingback: Tux Math: aplikasi asik belajar matematika untuk anak - SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.