Resizing image dengan GIMP (bagian 1)

Kalau ada yang tanya, kok lama banget update blognya, mohon maaf ya. Seringnya saya menulis di blog ini berdasarkan kasus per kasus. Kalau saya menemui kasus berkaitan dengan Ubuntu, saya cari solusinya, baru kemudian saya tulis di blog ini.

Nah, tulisan ini juga berasal dari satu kasus yang saya alami. Saya sering harus mengunggah beberapa foto ke dalam blog. Padahal foto yang didapat dari kamera digital seringkali berukuran lumayan besar dan butuh waktu yang cukup lama untuk diunggah ke internet. Yang saya lakukan biasanya adalah memperkecil ukuran foto supaya lebih cepat diunggah.

GIMP adalah aplikasi grafis yang saya gunakan untuk melakukan hal ini. GIMP sangat mirip dengan Photoshop kalau di Windows. Sayangnya GIMP hanya bisa mengubah ukuran file gambar satu persatu, tidak bisa langsung banyak file gambar. Masalah muncul karena saya ingin bisa mengubah ukuran banyak gambar (multiple images) sekaligus. Apakah ada caranya? Ya jelas ada. Apa sih yang tidak bisa dilakukan dengan Linux đŸ˜€

Okey, tapi bagian ini saya kupas dulu cara mengubah ukuran satu gambar dulu ya, untuk yang banyak file kita bahas di bagian berikutnya.

Langsung saja, silakan buka aplikasi GIMP. O’ya sekarang saya sedang gunakan Ubuntu 11.04.

Lalu buka satu file gambar dengan File > Open… atau kombinasi Ctrl + O. Kalau sudah kemudian klik Image > Scale Image… dan akan muncul jendela dialog seperti berikut.

Di sini kita bisa mengubah ukuran gambar sesuai keinginan kita. Ikon rantai yang terkunci artinya gambar akan diubah dalam ukuran yang proporsional. Pilihan unit atau satuan gambarnya juga bermacam-macam, ada pixels, percent, inches, milimeters, dan lain-lain. Kalau sudah sesuai yang kita inginkan tinggal klik tombol Scale.

Mudah kan? Silakan dicoba dan sampai bertemu di tutorial berikutnya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Resizing image dengan GIMP (bagian 1)

  1. Pingback: Resizing multiple images dengan GIMP (bagian 2) | SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.