Shutter: aplikasi screenshot capture yang powerful

Kalau Anda perhatikan blog saya ini, saya sering menampilkan hasil capture dari PC untuk ditampilkan. Saya menggunakan aplikasi yang bernama “Shutter”. Di Ubuntu aplikasi ini sudah masuk ke dalam Ubuntu Software Center, selain itu juga bisa dipasang via ppa. Shutter juga sudah tersedia untuk distro Linux lainnya, tetapi sepertinya belum ada untuk Win****.

Mengapa aplikasi ini saya sebut powerful? Shutter sangat kaya fitur, bisa capture seluruh desktop, beberapa bagian desktop, satu jendela aplikasi, sebagian aplikasi, menu, bahkan bisa capture tooltip. Kelebihan lainnya, screenshot hasil capture bisa langsung di-edit tanpa aplikasi grafis lainnya, semisal GIMP. Dengan fitur “Edit” hal ini gampang dilakukan, contohnya seperti bagaimana saya menambahkan keterangan tulisan pada screenshot di bawah ini.

Silakan, para pengguna Ubuntu dan Linux mencoba aplikasi yang bagus ini. Pengguna Win**** yang pengin mencoba, ya migrasi ke Linux dulu to đŸ™‚

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Shutter: aplikasi screenshot capture yang powerful

  1. Pingback: RecordMyDesktop: merekam aktivitas desktop Ubuntu | SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.