Kumenthus: resep mudah menjadi musuh Tuhan

Anda punya kawan yang sombongnya bukan kepalang? Kalau Anda tidak suka orang yang sombong, apalagi dengan Allah. Maka tidaklah heran kalau Alkitab menuliskan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”[1] Kalau kita teliti Alkitab, kita akan banyak menemukan referensi tentang sombong, congkak, dan tinggi hati. Kali ini, kita dasari dari pernyataan kitab Amsal ya.

Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.[2]

Kata kecongkakan dalam bahasa Ibrani berasal dari kata ga’on juga berarti sombong, tinggi hati, muluk, angkuh; merasa penting; menggembung. Nah, ini lho ada kata menggembung. Saya juga sedikit heran bagaimana penjelasannya. Akhirnya jawabannya ditemukan dalam terjemahan bahasa Jawa.

Kumenthus iku pepucuking karusakan, lan gumunggung iku pucuking ambruk.[3]

Kenthus (Kaloula baleata). Sumber: http://ecologyasia.com/

Kenthus (Kaloula baleata). Sumber: http://ecologyasia.com/

Kumenthus itu berasal dari kata kenthus, yang merupakan hewan sejenis kodok. Di Jawa dikenal dengan nama kintel. Hewan dengan nama ilmiah Kaloula baleata ini juga dikenal dengan nama kodok Jawa atau Brown Bullfrog. Sebenarnya ini katak kecil, tetapi saat bersuara hewan ini menggembungkan tubuhnya dan keluar suara yang besar dan nge-bass. Nah, jadi jelas kan hubungannya bahasa Jawa dengan bahasa Ibrani.

Jadi, congkak itu sifat orang yang sebenarnya tidak bisa apa-apa, tidak punya apa-apa, tetapi seakan-akan bisa dan memiliki segalanya. Maka di Jawa ada pernyataan kumenthus ora pecus seneng umuk nanging ora sembada untuk menunjuk mereka yang congkak dan sombong.

Kita ini siapa to? Apa sih yang sebenarnya kita miliki? Kalau pun kita bisa mengerjakan ini dan itu, kalaupun kita terampil dan bahkan ahli tentang banyak hal, bukankah itu anugerah Tuhan belaka. Kalau kita berkelimpahan secara materi, mengalami kemakmuran dan kekayaan, bukankah itu semua hanya titipan sementara yang harus kita pertanggungjawabkan kelak? Lalu apa gunanya hidup congkak dan sombong?

Kalau Anda mau jadi musuhnya Tuhan dan dibenci oleh-Nya, saya punya resepnya: jadilah orang yang congkak.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yakobus 4:6
  2. [2]Amsal 16:18
  3. [3]Wulang bebasan 16:18 – terjemahan bahasa Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.