Apakah aku harus pindah gereja?

Jawabannya biasanya adalah “TIDAK”. Tetapi saya mau menunjukkan beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan, jika Anda sedang memikirkan untuk pindah dari gereja — saya menulis “g” kecil, karena jelas Anda tidak boleh meninggalkan Gereja dengan “G” besar — di mana sekarang Anda beribadah ke gereja lain.

Alasan yang “baik” untuk berpindah gereja:

  • TUHAN memanggil Anda dengan jelas untuk melayani-Nya di tempat lain atau dalam posisi kepemimpinan yang baru di gereja lain.
  • Anda harus bekerja di kota lain yang tidak memungkinkan Anda efektif melayani di gereja Anda.
  • gereja Anda sudah secara ekstrim mengabaikan jiwa-jiwa yang hilang dan pertumbuhan dari jiwa-jiwa.
  • gereja Anda sudah menolak otoritas Alkitab = Firman Allah, dan mengabaikan nilai-nilai ilahi yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus.
  • Terjadi perpecahan dan kepahitan yang begitu besar di dalam gereja yang berdampak terhadap hubungan Anda dengan Kristus, dan tidak ada usaha rekonsiliasi di antara pihak-pihak yang terlibat.
  • gereja Anda secara pengajarannya sudah menjadi bidat.

Alasan yang “buruk” untuk berpindah gereja:

  • Seseorang di dalam gereja mengecewakan Anda, atau Anda tidak setuju terhadap seseorang atau sesuatu di dalam gereja.
  • Terjadi perubahan di gereja Anda, dan Anda tidak menyukainya. Tidak semua perubahan mendatangkan kebaikan memang, tetapi Anda harus “melihat dengan telinga, dan mendengar dengan mata” apakah perubahan itu membawa jemaat semakin dekat dengan Tuhan.
  • Anda berpikir bahwa Anda sudah tidak perlu lagi datang ke gereja.

Tulisan ini bukan hukum baku. Yang paling penting adalah “bertanyalah kepada TUHAN”, waktu saya berkata “bertanyalah”, saya juga sedang berkata “lebih banyaklah mendengar suara TUHAN”. God bless you all!

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

10 thoughts on “Apakah aku harus pindah gereja?

  1. Pingback: Martianus' Blog » Blog Archive » Pindah gereja, haramkah?

    1. martianuswb Post author

      Sampun mas. Pripun kabaripun? Wah hobi fotografi ya. Hasil jepretannya ditampilkan dong di blog πŸ™‚

      Reply
  2. youdid

    hei..long time no see…how are ya? wew…never thought you’ve existed on the world wide web….been searching fo ya?? where’re ya now mate?

    Reply
  3. youdid

    wew….thx mate…yea, I’m a bit active in facebook but I never used twitter…perhaps i’m more to people’s relation than a bird’s tweet….qeqeqeqe i see, you’re a linux user..well I have stopped using linx on my hardware since a long-long time  ago n never think to use it on my PC, but the funny thing is…I juz started using one on my handset..

    Reply
  4. easther liem

    Tulisan lama,,,tp banyak memberi semangat pd saya….pergumulan yg sama, ketika sudah kami putuskan, tanggapannya adalah seolah2 kami pindah agama…hahaha…tertawa aja dah…rasanya semakin menegaskan bahwa langkah kami tepat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.