Mematikan fungsi wifi power management di Ubuntu

Wifi power mananagement sebenarnya adalah fungsi unik dari Ubuntu untuk menghemat penggunaan daya di komputer yang menggunakan Ubuntu. Cuma memang ada beberapa kelemahannya. Dengan tujuan penghematan daya, maka ini bisa berarti diturunkannya kecepatan koneksi internet oleh sistem, atau bisa juga dimatikannya fungsi wifi jika tidak digunakan untuk sementara waktu. Maka seringkali jika power management dalam kondisi on, pengguna mengalami disconnect yang berulang.

Untuk mengatasi ini, tinggal mematikan fungsi power management saja, dengan konsekuensi tentu saja penggunaan daya akan lebih besar.

Buka Terminal kemudian ketikkan perintah iwconfig. Cari baris Power Management, jika kondisi off, berarti memang sudah dimatikan, tetapi jika kondisi on, lakukan langkah berikutnya.

Ketikkan perintah sudo iwconfig wlan0 power off. Kemudian cek lagi dengan iwconfig, pastinya Power Management:off

iwconfig

Nah, perintah ini bersifat sementara. Jika kita mematikan komputer, maka saat menghidupkan komputer, harus mengetikkan perintah ini lagi. Supaya tidak repot tinggal tambahkan perintah di atas ke dalam /etc/rc.local

Maka sekarang power management permanen dalam posisi mati. Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.