Berbuah: kebaikan

      No Comments on Berbuah: kebaikan

Dalam Perjanjian Baru, kata kebaikan berasal dari kata “agathosune”. Secara harafiah ini berarti kejujuran hati dan hidup. Digunakan 4 kali dalam Alkitab, yaitu dalam Roma 15:14; Galatia 5:22; Efesus 5:9; dan 2 Tesalonika 1:11. Mari kita perhatikan satu persatu.

Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati. (Roma 15:14)

Di sini Paulus menunjukkan kepada kita bahwa dalam hal saling menasihati, bekal pengetahuan saja tidaklah cukup, hati kita harus dipenuhi dengan kebaikan. Dalam persekutuan Kristen, ingatlah bahwa saat kita harus memberikan nasihat kepada sesama saudara seiman, harus dimotivasi oleh kebaikan yang sejati.

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. (Efesus 5:8-10)

Di sini Alkitab menunjukkan bagaimana kebaikan itu berjalan bersama-sama dengan keadilan dan kebenaran. Kebaikan yang tidak menghasilkan keadilan dan tidak dilandasi oleh kebenaran bukanlah agathosune. Agathosune hanya bisa muncul saat orang Kristen hidup sebagai anak-anak terang.

Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu, (2 Tesalonika 1:11)

Lebih jelas lagi di sini disebutkan bahwa kebaikan kita hanya bisa sempurna oleh karena kekuatan Allah.

Maka, saya bisa menyimpulkan di sini bahwa kebaikan hanya bisa diwujudkan saat kita hidup sebagai anak-anak terang, dan sekaligus menjadi bukti bahwa kita hidup di dalam terang. Dan agathosune yang sejati itu berjalan beriringan dengan keadilan dan kebenaran.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.