Hur: si penopang

      No Comments on Hur: si penopang

Hur, nama yang sering disandingkan dengan Harun. Nama yang dicatat di Alkitab sebagai salah satu penanda sebuah kemenangan.

(10) Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. (11) Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek. (12) Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. (Keluaran 17:10-12)

Hur tidak tercatat sebagai salah satu di antara 70 tua-tua Israel, tetapi waktu Musa dan Yosua naik ke Sinai, nama Hur sekali lagi disandingkan dengan Harun untuk memimpin Israel. Ada tradisi Yahudi yang menyebutkan bahwa Hur adalah suami dari Miryam, saudari Musa. Hanya saja waktu Harun dan Miryam bersungut-sungut tentang Musa, Hur tidak terlibat di dalamnya. Ada juga kemungkinan Hur adalah kakek dari Bezaleel, salah satu pahlawan lain dalam pendirian Kemah Suci.

Siapapun orang ini, Hur berperan besar dalam peperangan melawan Amalek. Yah, saya menyebut “menopang tangan” Musa itu adalah tindakan kepahlawanan, karena Alkitab akhirnya mencatat namanya dalam kisah kemenangan ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.