Di rumah Bapa, banyak tempat tinggal

Ada sebuah tujuan yang jelas ketika Tuhan Yesus meninggalkan murid-murid-Nya naik ke surga.

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.” [1]

Perhatikan kalimat “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal”! Di surga tidak hanya ada satu atau dua, ada banyak tempat tinggal. Rupanya surga tidak eksklusif yang hanya bisa ditinggali oleh segelintir orang. Kristus menyediakan banyak tempat tinggal. Artinya, tidak bisa ada yang mengatakan bahwa surga itu adalah haknya atau kelompoknya.

Kedua, Tuhan Yesus hanya menyediakan banyak tempat tinggal. Kristus hanya menyediakan, soal apakah kita layak menempati atau tidak, itu adalah tanggung jawab kita selama kita masih hidup di bumi ini. Kalau Kristus sudah menyediakan tempat tinggal di kekekalan, adalah tugas kita mempersiapkan diri kita untuk layak tinggal di sana.

Ketiga, waktu kita mempersiapkan diri kita itu terbatas, karena Tuhan Yesus menyatakan, “Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku”. Gunakan kesempatan kehidupan kita di bumi ini untuk mempersiapkan diri kita untuk layak tinggal bersama dengan Kristus.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yohanes 14:1-4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.