Bersatulah para penjilat sedunia

Amsal 28:23

Amsal 28:23

Kata “penjilat” oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai orang yang suka berbuat sesuatu untuk mencari muka. Kalau dalam bahasa Jawa ada istilah ngonggrong-onggrong yaitu ngalem kanthi duwé pamrih.

Rupanya Alkitab juga punya definisi sendiri untuk penjilat.

Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan.[1]

Rupanya Alkitab menunjukkan bahwa para penjilat ini punya ciri yang khas, segala sesuatu yang mereka kerjakan dan ucapkan adalah untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Tetapi benarkah keuntungan yang mereka dapat?

Kitab Yudas ini hanya terdiri dari satu pasal, karena itu memperkuat hubungan atas ayat-ayat di dalamnya. Karena itu ayat 16 tidak bisa dilepaskan dari ayat 11. Masalahnya ayat 11 ini sebenarnya mengerikan, ada pernyataan keras “Celakalah …”. Mengapa celaka ada atas para penilat?

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi dari pada orang yang menjilat.[2]

Orang yang menjilat sesamanya membentangkan jerat di depan kakinya.[3]

Biasanya memang, para penjilat itu kelihatan lebih mendapat perhatian, lebih disayangi, lebih dituruti. Tetapi, tinggal tunggu waktunya bagaimana seseorang yang tulus menegur akan mengalahkan para penjilat itu.

Memang ada kondisi-kondisi yang membentuk para penjilat, salah satunya adalah karakter pemimpin mereka. Dalam bahasa Jawa ada istilah onggrongan, bersinonim dengan karakter aleman. Kata aleman ini mungkin bisa diartikan senang dipuji-puji, tetapi lebih dalam dan lebih dekat dengan kata manja. Dulu saya pernah menyatakan ini, pimpinan yang senang dipuji melahirkan para penjilat.

Maka peringatan ini juga berlaku kepada para pemimpin, karena penjilat membentangkan jerat, di kakinya sendiri dan juga di kaki orang yang dijilatnya.

Pertanyaan, mana yang lebih sering, kita memuji dan menyembah Tuhan ataukan menjilat Dia untuk keuntungan kita?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yudas 1:16
  2. [2]Amsal 28:23
  3. [3]Amsal 29:5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.