Resizing multiple images dengan GIMP (bagian 2)

Saya lanjutkan pembahasan tentang memanipulasi ukuran gambar dengan GIMP. Untuk mengubah ukuran satu gambar dengan GIMP, silakan Anda baca di tulisan saya sebelumnya. Secara default, GIMP tidak menyediakan alat untuk mengubah ukuran banyak gambar secara sekaligus, maka kita harus memasang plugins yang diperlukan terlebih dahulu.

Untuk memasang plugins yang dibutuhkan, di dalam tutorial ini, saya gunakan Synaptic Package Manager. Pembahasan khusus penggunaan Synaptic Package Manager untuk menginstal aplikasi di Ubuntu, silakan di baca di tulisan saya sebelumnya. Setelah masuk ke Synaptic Package Manager, silakan cari”gimp-plugin-registry“, kemudian diinstall.

Kalau instalasi berhasil, maka di GIMP akan kita temukan plugins baru di bagian Filters. Masuk ke Filters > Batch > Batch Process…

Nah, di tab Input, klik Add Files kemudian pilih file-file yang akan diubah ukurannya. Setelah itu pindah ke tab Resize.

Pastikan bagian Enable sudah dicentang. Jika yang digunakan adalah pilihan Relative, maka ukuran akan diubah dalam skala.

Jika yang digunakan adalah mode Absolute, maka kita bisa mengubah ukuran gambar dalam satuan pixel. Kalau sudah selesai pengaturannya, tinggal klik Start, maka semua gambar akan diubah ukurannya. Mudah kan? Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

8 thoughts on “Resizing multiple images dengan GIMP (bagian 2)

  1. Pingback: Mudahnya Resize Foto Menggunakan GIMP » Helmy BJM

  2. Pingback: Resize Foto dengan GIMP | Banjarmasin Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.