Mengapa saya memilih bahasa pemrograman Java?

Meskipun ada bahasa pemrograman lain yang diklaim lebih baik dari java, bahasa ini masih memiliki peminat yang cukup besar. Slogan utama dari Java adalah Write Once Run Anywhere. Artinya, saya cukup menuliskan source code sekali saja dan dapat menjalankannya di komputer manapun yang memiliki Java. Portabilitas Java inilah yang menjadi salah satu keunggulan bahasa pemrograman ini.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik Java sebagai sebuah bahasa pemrograman.

Java is Simple
Meskipun tidak ada bahasa pemrograman yang bisa dikatakan sederhana, tetapi dibandingkan bahasa pemrograman yang lain, Java memang lebih sederhana.

Java is Object Oriented
Sejak awal Java memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, menggantikan orientasi prosedural pada bahasa-bahasa pemrograman sebelumnya.

Java is Distributed
Java memiliki kemampuan networking yang handal, hingga bisa menulis program networking seperti mengirim dan menerima data dari sebuah file. Ini dinamakan distributed computing.

Java is Interpreted
Java dalah bahasa yang menggunakan interpreter atau “penerjemah” supaya dapat menjalankan program.

Java is Robust
Robust bisa diartikan sebagai dapat diandalkan. Bahasa pemrograman Java dapat diandalkan untuk segala macam keperluan karena Java telah melewati berbagai macam proses dalam perkembangannya.

Java is Secure
Java menjadi aman karena tidak menyediakan akses secara bebas ke sistem secara langsung.

Java is Architecture-Neutral
Artinya setiap program yang dihasilkan oleh Java tidak tergantung kepada arsitektur komputer tertentu.

Java is Portable
Saya dapat mengkompilasi program Java dan dapat menjalankannya pada mesin lainnya tanpa melakukan kompilasi ulang. Program Java dapat dibawa ke mana-mana dan dijalankan di mana-mana.

Java is Performance
Pada awal kemunculannya, kritikan terhadap Java adalah performanya yang dianggap lambat. Tetapi, tahun lepas tahun, kecepatan Java terus ditingkatkan

Java is Multi-threated
Java dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pemrosesan beberapa tugas secara bersamaan.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.