NETIQUETTE (etika berinternet)

Kebebasan memang ada di internet, tetapi yang saya mau tuliskan di sini adalah bagaimana kebebasan itu dipergunakan dengan bertanggung jawab oleh para penggunanya.

NETIQUETTE adalah etika berinternet. Istilah ini berasal dari dua kata, yakni networks dan etiquette. Diartikan sebagai berprilaku sesuai etiket saat menggunakan jaringan internet, entah itu saat kita berinteraksi di forum, mailing list, social network, maupun blog. Selalu ada etiket yang sejatinya harus dipegang oleh siapapun yang sedang berada di jaringan internet saat mereka berinteraksi.

Bagaimana rupa netiquette itu? Prinsipnya sama seperti etiket atau sopan santun pada umumnya, hanya saja ranahnya di dunia maya! Tentu saja kita ingin dan mendambakan komunitas yang berani berpendapat, bertanggung jawab atas apa yang ditulisnya, dan tetap memegang etiket bergaul di internet.

Virginia Shea dalam bukunya “Netiquette” (1994) menuliskan “the ten commandment” bagi para netter:

  1. Ingat orang
  2. Taat kepada standar perilaku online yang sama yang Anda jalani dalam kehidupan nyata
  3. Ketahuilah di mana Anda berada di ruang cyber
  4. Hormati waktu dan bandwidth orang lain
  5. Buatlah diri Anda kelihatan baik beronline
  6. Bagilah ilmu keahlian
  7. Menolong agar api peperangan tetap terkontrol
  8. Hormati privasi orang lain
  9. Jangan salahgunakan kekuasaanmu
  10. Maafkanlah jika orang lain berbuat kesalahan

Saya akan membahas masing-masing nettiquette-commandment ini di postingan selanjutnya. Bagaimana dengan Anda, dengan melihat sekilas tulisan Shea di atas, sudah cukup beretikakah Anda dalam berinternet? Silakan menuliskan komentar, sembari menunggu postingan saya selanjutnya!

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “NETIQUETTE (etika berinternet)

  1. Pingback: NETIQUETTE « gemaramadhanh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.