Direktori-direktori utama dalam Ubuntu

Dalam postingan saya yang terdahulu, saya sudah menyebutkan bahwa direktori di Ubuntu sangat berbeda dengan di Microsoft Win****. Hal ini tentu cukup membingungkan bagi para pengguna baru, tetapi sesungguhnya menjamin kehandalan dan keamanan yang lebih baik.

Berikut ini adalah daftar direktori-direktori utama dari Ubuntu. Silakan dikenali, dipahami, dan disayangi.

Direktori Keterangan
/root Merupakan “home” folder untuk user root. Hak akses root merupakan super administrator yang dapat melakukan apa saja termasuk menghapus file system.
/bin Merupakan tempat berkumpulnya aplikasi dan perintah biner standar Linux, seperti ls, cp, bash, dan lain-lain.
/etc Seluruh file-file administratif dan konfigurasi system diletakkan di sini.
/dev Berisi file-file yang mengontrol interaksi software dengan hardware seperti printer, dan lain-lain.
/home Direktori user. Di sini tersimpan informasi-informasi dan file-file spesifik dari tiap account user, seperti konfigurasi desktop. Pada direktori ini juga terdapat folder document, music, picture, movie, dll. Setiap user memiliki folder home/username-nya masing-masing, kecuali user root. Konsep direktori ini sama dengan direktori C:users pada Microsoft Win****.
/temp Direktori untuk menyimpan dile-file yang bersifat sementara (temporary file), file-file sampah, atau file-file yang hanya digunakan sekali dua kali oleh program. Sistem secara berkala akan menghapus file-file yang terdapat pada direktori ini secara otomatis
/usr Berisi aplikasi-aplikasi ekstra yang tidak ditemukan pada /bin maupun /etc seperti games, printer utilites, dll. Direktori ini dibagi ke dalam beberapa sub direktori berdasarkan jenis dan fungsi dari aplikasi, seperti usr/bin untuk program, usr/share untuk data sharing, dan lain-lain.
/opt Direktori ini berfungsi sebagai tempat untuk menginstal aplikasi tambahan.
/usr/local Di sinilah lokasi sebagian besar aplikasi yang diinstall secara manual berada.
/media Direktori ini merupakan tempat untuk me-mount drive-drive yang terkoneksi ke komputer seperti CD ROM, USB flash disk, driver, dll.

 

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.