Kemusafiran seorang Kristen

Bulan Oktober kemarin, saya dan sahabat-sahabat  belajar tentang tema “Kemusafiran Orang Percaya”. Kalau mau ikut belajar tentang ini boleh berkunjung ke http://truth-media.com/renungan-harian/ silakan diubek-ubek arsip bulan Oktober. Cuma ya musti saya peringatkan, isinya keras dan memerlukan kedewasaan untuk mencerna makanan bergizi macam ini.

SK Oktober - Kemusafiran Orang Percaya

SK Oktober – Kemusafiran Orang Percaya

Nah, di bulan Oktober kemarin saya dan kekasih hati punya sebuah momen yang indah. Sepanjang kami menjalin cinta, seingat saya belum pernah saya memberikan kado atau hadiah. Karena pada dasarnya kami berdua senang membaca, saya putuskan untuk memberikan satu buku yang bisa kami baca berdua. Di toko buku, setelah menemukan buku yang saya maksudkan, iseng-iseng saya bertanya apakah ada buku klasik Pilgrim’s Progress. Tidak disangka, pramuniaga di toko itu mengatakan bahwa buku itu ada, tetapi versi bahasa Indonesianya. Karena yang versi bahasa Inggris saya sudah punya yang e-book, tentu saja girang bukan main. Setelah diambilkan, saya baca di sampulnya berjudul “Perjalanan Musafir”. Tidak salah lagi, inilah karya John Bunyan yang luar biasa itu. Langsung bayar saja tanpa lihat apa isinya, lagian dapat dua buku bagus dengan mengeluarkan uang kurang dari 100k itu kan anugerah to.

Perjalanan Musafir - Sampul

Perjalanan Musafir – Sampul

Begitu sampai di rumah, saya buka buku Perjalanan Musafir ini, saya langsung terkaget-kaget. Ternyata isinya bergambar, mirip komik begitulah. Semakin giranglah ini hati.

Perjalanan Musafir - Bergambar

Perjalanan Musafir – Bergambar

Saya membaca sekilas dan menemukan sebuah parafrase yang indah lagi unik dari Pilgrim’s Progress. Meskipun diubah menjadi sebuah buku bergambar, tidak ada esensi buku asli yang dihilangkan. Yang unik, saya menemukan bagaimana buku ini menerjemahkan nama dari tokoh-tokoh asli di Pilgrim’s Progress ke dalam bahasa Indonesia dengan apik dan cerdas. Akhirnya dua buku bersanding saling melengkapi selama bulan Oktober kemarin. Dua pengajaran dengan satu tema. Kebetulankah?

Kalau Anda tidak suka membaca versi klasiknya yang dalam bahasa Inggris, saya sarankan Anda membeli dan membaca buku ini. Bagi saya yang sudah seumur ini saja begitu bersukacita dengan buku ini, saya rasa ini buku bisa kita belikan untuk anak-anak kita. Tentu pendampingan orang dewasa dibutuhkan, karena sekali lagi ini buku yang sebenarnya isinya cukup berat.

Saya musti memperingatkan, karya klasik John Bunyan ini akan berbeda dengan kebanyakan buku-buku Kristen yang Anda temukan. Buku ini lebih banyak mengungkapkan kekristenan sebagai sebuah perjuangan. Kalau Anda terbiasa dengan pengajaran-pengajaran yang manis dan memanjakan telinga dan kehidupan Anda, siap-siap saja terkaget-kaget dengan bagaimana John Bunyan “meringkas” seluruh Alkitab dalam bukunya ini. Layakkah dibaca? Saya sangat merekomendasikan buku ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.