Perjuangan orang Kristen kaum Dalit

Tahukah Anda tentang orang-orang Dalit di India. Mereka ini adalah golongan orang yang bisa disebut di luar sistem kasta. Sebagaimana diketahui secara umum ada empat kasta di dalam Hindu, yaitu: Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Sementara kaum Dalit ini berada di luar empat kasta ini dan merupakan golongan paling terendah. Mereka biasanya dipekerjakan sebagai pekerja rendahan seperti membersihkan kotoran manusia, mengangkut bangkai, dan pekerjaan-pekerjaan semacam itu. Anak-anak mereka tidak boleh mendapat pendidikan di sekolah. Pemukiman mereka diharuskan terpisah dari pemukiman orang lainnya. Mereka dianggap dilahirkan sebagai manusia kotor – mungkin istilahnya najis – manusia setengah manusia. Dilarang lewat di depan rumah orang dari empat kasta lainnya, bahkan dilarang menatap wajah mereka. Mereka hanya boleh berdagang dengan sesama kaum Dalit lainnya.

Diperkirakan ada lebih dari 25 juta orang Dalit di India yang menjadi pengikut Kristus. Tetapi orang-orang ini menghadapi pilihan yang semakin sulit dengan menjadi Kristen. Sesuai dengan konstitusi India, pemerintah menyediakan semacam bantuan sosial bagi mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Masalahnya konstitusi tahun 1950 menyatakan bahwa bantuan ini hanya diberikan kepada mereka yang beragama Hindu (ditambahkan pemeluk Sikh di 1956 dan Budha di 1990). Artinya orang-orang Kristen Dalit ini harus memilih antara tetap menjadi Kristen tetapi tidak menerima bantuan sedikit pun, atau kembali memeluk agama Hindu.

Banyak di antara mereka yang terpaksa hidup menyembunyikan iman mereka supaya bisa menerima bantuan tersebut, terutama untuk masa depan anak-anak mereka. Mereka mempraktekkan kekristenan secara sembunyi-sembunyi supaya anak-anak mereka bisa bersekolah dan mendapatkan masa depan yang lebih baik. Sementara mereka mengaku beridentitas sebagai orang Hindu. Tetapi kalau pihak berwenang mengetahui bahwa mereka orang Kristen, maka bantuan sosial itu akan langsung dihentikan.

Banyak juga yang tetap menunjukkan iman Kristen mereka dengan konsekuensi tidak menerima bantuan sosial dan hidup sebagai kaum terpinggirkan. Sekaligus mereka ini menjadi target bagi kaum ekstrimis Hindu yang mempergunakan bantuan sosial ini sebagai iming-iming supaya kembali memeluk Hindu. Jika orang Kristen dari kaum Dalit ini bersikukuh menolak, maka mereka tidak segan-segan mempergunakan kekerasan.

Mari berdoa untuk saudara-saudara kita dari kaum Dalit ini, supaya mereka tetap kokoh dalam iman mereka kepada Tuhan Yesus. Dan berdoa supaya ada perubahan sistem politik yang tidak lagi mendiskriminasi orang-orang Dalit di India ini. Berdoa supaya bantuan pendidikan dan pelatihan kerja dari organisasi-organisasi luar negeri mampu menyentuh, menjangkau, dan menampun orang-orang ini.

Referensi >> http://www.persecution.org/?p=63198

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.