Membuat Live CD/DVD Linux dengan K3b

Dengan ukuran ISO file installer Linux sekarang ini, kebanyakan Linuxer memilih membuat Live USB, pastinya lebih praktis. Tetapi ada juga yang memang lebih memilih untuk membuat Live CD/DVD. Nah, bagaimana kita bisa membakar CD/DVD bootable untuk installer Linux.

Kalau di Ubuntu – sekarang saya pakai 13.10 – bisa digunakan aplikasi K3b. Sebenarnya ada aplikasi bawaan Brasero di Ubuntu. Cuma saya sering gagal membakar CD/DVD dengan aplikasi ini. Jadi saya pilih untuk memasang K3b. Tinggal pasang dari Ubuntu Software Center atau dengan Synaptic Package Manager.

K3b01

Prinsip utama untuk membuat Live CD/DVD adalah membakar file ISO sebagai image. Jadi, klik kanan di aplikasi K3b untuk menampilkan Add Button kemudian klik Burn Image …, ini akan menambahkan satu tombol baru.

K3b02

Kemudian tinggal klik tombol Burn Image, proses selanjutnya sangat mudah, seperti aplikasi pembakar CD/DVD lainnya. Saran saya, pilihlah kecepatan yang paling rendah.

K3b03

K3b04

Silakan mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.