Turpial 3 di Ubuntu 13.10

      No Comments on Turpial 3 di Ubuntu 13.10

Turpial adalah salah satu Twitter client yang bisa dipasang di Ubuntu. Aplikasi dari Venezuela ini kini sudah meluncurkan rilis ketiganya. Turpial dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python, dan diklaim oleh pengembangnya bahwa aplikasi ini sangatlah ringan.

Untuk memasang Turpial di Ubuntu 13.10, harus melalui PPA. Tinggal bukan Terminal, dan ketikkan perintah-perintah berikut ini.

sudo add-apt-repository ppa:effie-jayx/turpial
sudo apt-get update
sudo apt-get install turpial

Kemudian tinggal buka Turpial dari Dash Ubuntu, dan masuk dengan akun Twitter Anda.

Turpial01

Turpial02

Turpial03

Turpial04

Turpial05

Turpial06

Turpial memiliki fitur-fitur yang juga dimiliki Twitter client lainnya. Mungkin yang paling menonjol adalah integrasi dengan desktop, sehingga notifikasi berjalan dengan baik.

Meskipun demikian ada juga fitur-fitur yang belum diadopsi oleh Turpial.

  • Walaupun sudah mendukung multiakun dan multikolom, tetapi kolom di Turpial hanya dibatasi untuk Timeline, Replies, Directs, Favorited, dan Sent. Cukup mengecewakan khususnya karena List belum bisa ditambahkan sebagai kolom tersendiri.
  • Belum mendukung image preview, jadi gambar masih ditampilkan sebagai tautan.
  • Setiap kolom dibatasi hanya sampai 200 tweets terakhir, sehingga ada kesulitan jika kita ingin membaca tweet yang tertinggal dalam jangka waktu lebih lama.

Tapi tetap tidak ada salahnya mencoba aplikasi yang satu ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.