Elifas, Bildad, Zofar: pengetahuan tanpa pengenalan

Kebetulan hari-hari ini sedang bible reading di kitab Ayub, dan saya terkesan dengan tiga sahabat Ayub ini. Terutama dalam hal pengetahuan mereka tentang Allah. Mereka memiliki pengetahuan teologia yang mungkin melebihi kebanyakan pengkhotbah masa kini. Tetapi mereka juga melakukan kesalahan yang sama dengan kebanyakan orang Kristen masa kini, yaitu pengetahuan tanpa pengenalan akan Allah adalah kesia-siaan.

Belum selesai memang saya membaca kita Ayub, tetapi banyak kalimat-kalimat hikmat yang sangat baik. Beberapa bahkan begitu berkesan 🙂 Salah satunya ini, “Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.” (Ayub 5:17). Apa yang salah coba, dengan khotbah yang sebaik ini? Tetapi, sebaik dan sebanyak apapun pengetahuan mereka tentang Allah, inilah yang Tuhan katakan kepada mereka, “Aku marah kepadamu dan kepada kedua temanmu, karena kamu tidak mengatakan yang sebenarnya tentang diri-Ku”.

[blackbirdpie id=”169721127936081920″]

Pelajaran penting hari ini adalah, mari memotivasi diri kita dengan benar saat belajar tentang Tuhan kita, yaitu supaya kita semakin dan semakin mengenal Pribadi-Nya, bukan sekedar tahu saja.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.