Pahlawan yang terlupakan

      No Comments on Pahlawan yang terlupakan

Sekali waktu saya diminta berkhotbah dengan tema “from zero to Hero” dan saya malah berkhotbah sebaliknya, “from hero to zero”. Karena banyak orang Kristen pengin menjadi pahlawan dengan segala kemilau dan pujian yang mengiringinya, tetapi tidak pernah mau berada dalam kondisi “zero”.

Bukankah Tuhan Yesus sendiri memberi teladan untuk mengosongkan diri; berada dalam titik “zero”. Kekristenan bukanlah tentang menggapai puncak dunia, tetapi merendahkan hati seperti Kristus yang taat kepada Bapa. Saya rasa itulah kepahlawanan dalam Alkitab, saat seseorang mau mengorbankan segala sesuatu demi ketaatan kepada kebenaran kehendak Bapa di surga.

Ya, Allah jelas punya orang-orang yang dengan bangga akan Dia sebut pahlawan. Alkitab mencatat banyak tokoh yang layak di sebut pahlawan-pahlawan Allah. Ada beberapa orang yang melakukan hal-hal besar, ada yang hanya melakukan sedikit hal, tetapi pribadi-pribadi ini tergores kuat di hati Allah, sehingga mereka disebutkan dalam Diari Allah (baca: Alkitab).

Beberapa hari ini saya menemukan hal yang sangat menarik, yaitu pahlawan-pahlawan Allah ini beberapa di antaranya sudah terlupakan. Pastinya, ini pendapat subjektif saya, dan saya ingin menuliskan mereka ini dalam seri tulisan yang khusus. Bukan tentang apa yang mereka kerjakan, tetapi karakter mereka yang berkenan di hadapan Allah.

Tulisan tentang pahlawan Allah yang terlupakan ini, saya batasi kepada tokoh-tokoh yang memiliki syarat sebagai berikut:

  1. Pahlawan-pahlawan Allah yang jarang dikhotbahkan, maksimal saya dengar setahun sekali disebut dalam khotbah.
  2. Pahlawan-pahlawan yang namanya tidak disebutkan dalam Alkitab.

Ada seorang anak kecil yang menjadi pemicu sebuah mujizat, ada anak perempuan yang menjadi budak di luar negeri, ada orang-orang yang mengejutkan dan mengherankan Tuhan Yesus, ada para suster yang meresikokan nyawanya. Beberapa di antaranya adalah orang-orang terpandang, tetapi kebanyakan adalah orang-orang biasa seperti saya dan Anda.

Mari, dalam tulisan-tulisan saya berikutnya dalam seri “pahlawan yang terlupakan” ini, saya mengajak kita semua belajar dari orang-orang yang karakternya tergores kuat di hati Allah.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.