Yakobus anak Alfeus: sokoguru jemaat

Waktu pertama kali memutuskan untuk membuat seri tulisan 12 rasul ini, saya berpikir bahwa Alkitab akan memberikan bahan yang cukup banyak tentang para murid Tuhan Yesus ini. Saya mengira bahwa 12 orang ini akan cukup menonjol di dalam Alkitab, rupanya tidaklah demikian. Beberapa di antara 12 rasul ini tidak menonjol selama waktu pelayanan bersama dengan Tuhan Yesus, salah satunya adalah rasul yang juga bernama Yakobus ini.

Untuk membedakannya dengan Yakobus saudara dari Yohanes, Alkitab menuliskan namanya sebagai Yakobus anak Alfeus. Rasul inilah yang menulis kitab Yakobus. Alkitab menyebutnya sebagai saudara dari Tuhan Yesus, kemungkinan adalah saudara sepupu. Matius juga disebut sebagai anak dari Alfeus, karena itu bisa jadi Yakobus bersaudara dengan Matius, meskipun kesamaan nama adalah hal yang lumrah dan jamak di waktu itu.

Alkitab tidak mencatat tentang kebersamaan Yakobus dengan Tuhan Yesus. Nama Yakobus mulai menonjol pada masa gereja mula-mula. Oleh Paulus, Yakobus disebut sebagai salah satu sokoguru jemaat (Galatia 2:9). Sepertinya dalam gereja mula-mula, khususnya di Yerusalem, Yakobus mendapat kedudukan yang sama dengan Petrus dan Yohanes.

Salah satu sumbangsih besar dari Yakobus adalah bagaimana dia meredakan konflik yang sempat muncul antara jemaat berlatarbelakang Yahudi dan yang non Yahudi. Kisah ini dicatat dalam Kisah Para Rasul 15:1-21. Dalam hal ini Yakobus menyerang eksklusifitas Israel sebagai umat terpilih, dan menegaskan bahwa keselamatan disediakan untuk semua orang, bukan sekedar bangsa Israel saja.

Kitab Yakobus yang ditulisnya khusus ditujukan kepada orang Kristen, dan bagian yang prinsip ditulis oleh Yakobus adalah tentang kedewasaan rohani. Sekali waktu, kita akan belajar khusus mengenai kitab ini.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.