GIMP: mengubah latar belakang (bagian 1)

Tutorial ini cukup praktis digunakan jika kita misalnya ingin mengubah warna latar belakang pas foto, atau gambar yang lain. Bagian pertama ini akan saya tunjukkan bagaimana menyeleksi suatu objek yang tidak akan ikut diubah dari sebuah gambar.

Yang kita perlukan adalah satu file gambar. Kebetulan saya punya file gambar wallpaper Farmerama seperti di bawah ini.

Rencananya adalah kita akan mengubah latar belakang gambar di atas, tetapi tetap menampilkan gambar Renzo — karakter yang membawa palu kayu itu.

Setelah gambar di atas dibuka dengan GIMP, klik Layer > Duplicate Layer. Dan pada Dock Layer, akan berubah menjadi seperti ini. Muncul Layer baru, yaitu Background copy.

Klik Layer > Merge Down, untuk menggabungkan dua layer tadi, sehingga tampilan dock layer akan berubah menjadi seperti ini.

Setelah itu, klik Tools > Selection Tools > Intelligent Scissors. Kemudian klik satu titik tepat pada karakter Renzo, teruskan hingga terpilih seluruh karakter Renzo. Saya pilih Intelligent Scissors, karena tools ini “cukup pintar” menolong menyeleksi satu gambar, dan akan mengikuti lekuk gambar dengan cukup baik.

Setelah selesai, akan terlihat tampilan di atas, kemudian klik di tengah gambar yang sudah diseleksi, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.

Kemudian klik Select > Invert. Ini berfungsi memilih gambar di luar area yang tadi sudah kita seleksi. Lalu tekan tombol Delete di keyboard untuk menghapus semua gambar, kecuali area yang kita seleksi.

Kemudian klik Select > Border …

Tentukan lebar Border sesuai keinginan kita, klik OK.

Lanjutkan dengan memberi sedikit efek. Klik Filters > Blur > Gaussian Blur …

Tentukan ukuran radius blur, dan klik OK.

Nah, sementara sampai di sini dulu ya. Saya sambung bagian berikutnya untuk memberikan latar belakang yang baru.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.