Bercinta dengan Ubuntu 11.10 (bagian 2)

Oke, lanjut ya … 🙂

7. Instalasi Additional Driver

Ada beberapa hardware yang tidak terdeteksi secara otomatis oleh Ubuntu. Kalau di kasus PC saya, karena menggunakan kartu grafis ATI Radeon, maka ini yang harus diinstal drivernya. Kalau di laptop saya wifi Broadcom yang musti diinstal. Mudah sekali klik ikon Dash Home lalu ketikkan “Additional Driver“, dan klik ikon Additional Driver untuk melakukan deteksi hardware.

Kemudian tinggal aktifkan driver yang terdeteksi oleh Ubuntu.

8. Instalasi Restricted Extras

Ketika selesai mengintal Ubuntu, kita tidak bisa langsung memainkan file mp3, avi, flash, dll, karena adanya perbedaan licensi. Nah, untuk ini musti memasang dulu “restricted extras”. Masuk saja ke Terminal kemudian ketikkan perintah

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Banyak aplikasi yang akan diunduh dan diinstal, jadi bersabar ya sampai selesai.

9. Setting e-mail client

Pada Ubuntu rilis sebelumnya, biasanya default e-mail clientnya adalah Evolution, tapi untuk Ubuntu 11.10 ini menggunakan Thunderbird, aplikasi e-mail client yang sudah lama saya pakai. Untuk ini saya sudah menuliskan di posting tersendiri, silakan klik di sini.

10. Install TweetDeck

Okay, ini aplikasi favorit saya untuk bersosial media. Download dulu installer TweetDeck di http://tweetdeck.com/ Karena TweetDeck merupakan aplikasi Adobe Air, maka kita harus lebih dulu mengunduh dan menginstal Adobe Air. Masalahnya, sekarang Adobe Air untuk Linux sudah dihentikan, jadi musti download Adobe AIR 2.6 SDK Linux – Adobe Air terakhir yang support Linux – bisa dari sini.

Masuk terminal dan install Adobe Air.

chmod +x AdobeAIRInstaller.bin
sudo ./AdobeAIRInstaller.bin

Baru setelah itu, bisa langsung install TweetDeck yang tadi sudah diunduh.

11. Install Printer

Saya menggunakan Epson Stylus T11, dan saya pikir akan ada sedikit masalah karena kernel baru yang digunakan oleh Ubuntu 11.10. Ternyata setelah printer saya hidupkan, dan langsung Ubuntu mendeteksi printer dan menginstal secara otomatis. Saya buka file, lalu saya coba cetak, dan … hurray sukses. Rupanya Ubuntu langsung mendeteksi Epson Stylus T11 dan menginstallnya dengan driver T13

Sip, sampai di sini dulu ya. Kita lanjutkan di tulisan berikutnya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.