Mencoba Linux di Windows (bagian 1)

Banyak kawan-kawan yang saya temui sebenarnya pengin mencoba atau sekedar ingin tahu seperti apa Linux itu. Hambatan utama yang sering mereka kemukakan adalah masih sulit lepas dari Windows, atau takut jika install Linux, lalu data-data hilang. Atau kesulitan untuk memasang Linux karena dianggap prosesnya tidak segampang menginstall Windows dan aplikasi-aplikasi berbasis Windows lainnya.

Nah, saya menulis artikel ini untuk menjembatani masalah itu. Yaitu dengan cara memasang Linux di Windows dengan aplikasi VirtualBox. VirtualBox ini pada mulanya adalah aplikasi under Linux yang kemudian dibuatkan versi Windows supaya bisa dipakai para pengguna Windows. Pada prinsipnya VirtualBox memungkinkan pengguna untuk membuat sistem di dalam sistem. Jadi bukan dual OS sebagaimana yang sering digunakan Linuxer.

VirtualBox memungkinkan pengguna Windows untuk memasang sistem operasi lain di dalam Windows yang sudah terinstall. Yang diperlukan hanya ruang hardisk yang cukup. Nah, di tulisan bagian 1 ini, saya akan menunjukkan cara menginstal VirtualBox di Windows 7. Aplikasi VirtualBox dapat diunduh di sini. Setelah mendapat installer VirtualBox, bisa langsung diinstal seperti menginstal aplikasi lainnya. Silakan screenshoots di bawah ini.

Nah, sebelum saya lanjutkan ke tutorial berikutnya, yaitu memasang Linux via VirtualBox, ada baiknya Anda cari installer Linux terlebih dahulu. Bisa CD/DVD atau file iso-nya. Dalam tutorial berikutnya, saya akan gunakan file iso Linux BlankOn 7 “Pattimura”, Linux buatan anak negeri sendiri yang baru saja dirilis 17 Agustus kemarin. Kalau mau download BlankOn 7 silakan menuju ke sini.

Selanjutnya …

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “Mencoba Linux di Windows (bagian 1)

  1. Pingback: Mencoba Linux di Windows (bagian 2) « SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.