Bertobat: shûb

      No Comments on Bertobat: shûb
Bertobat (Ibrani: shûb)

Bertobat (Ibrani: shûb)

Bertobat adalah sebuah kata yang tidak asing di telinga orang Kristen, pun tidak asing di mulut para pengkhotbah. Salah satu kata dalam bahasa Ibrani yang digunakan oleh Perjanjian Lama adalah shûb.

Dalam Alkitab bahasa Indonesia, kata shûb ini diterjemahkan antara lain menjadi kata bertobat; berbalik; kembali; pulang. Maka, dalam konteks Israel, bertobat berarti berbalik kembali kepada TUHAN Allah dan kepada Taurat. Dari menyembah allah lain kembali menyembah Yahweh, dari berlaku seperti bangsa-bangsa lain kembali taat kepada Taurat.

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya.[1]

Tentu saja, ini ada dalam konteks Perjanjian Lama. Pertobatan dalam Perjanjian Baru memiliki makna yang berbeda dan lebih dalam.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yeremia 24:7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.