Integrasi Wget dengan Google Chrome di Ubuntu

Akhirnya setelah sekian lama, menemukan cara untuk mengintegrasikan wget dengan Google Chrome. Wget adalah aplikasi download di Ubuntu. Saya lebih senang menggunakan wget karena berbasis text command, sehingga lebih ringan. Kalau untuk integrasi wget di Mozilla Firefox prinsipnya persis seperti yang pernah saya tuliskan di sini.

Nah, untuk Google Chrome rupanya membutuhkan sebuah ekstensi tersendiri yang harus dipasang di Google Chrome. Sayangnya, entah pengembangnya sudah menghentikan pengembangan aplikasi ini, yang jelas ekstensi ini sudah dihapus dari Store Google Chrome. Nama ekstensinya adalah Download Assistant. Bisa googling untuk menemukan dan mengunduh ekstensi ini, atau sudah saya sediakan via UbuntuOne di tautan ini.

Sesudah mengunduh ekstensi tersebut, silakan dipasang di Google Chrome. Caranya, buka Google Chrome > Tools > Extensions. Kemudian click and drag hasil unduhan Download Assistant tadi ke halaman Extension Google Chrome, kemudian tinggal dipasang.

Wget1

Wget2

Untuk menggunakannya, tinggal klik kanan tautan yang akan diunduh > Download Assistant > Download link with Wget. Kalau berhasil, akan muncul jendela Terminal yang menunjukkan proses pengunduhan sedang berlangsung.

Wget3

O’ya, cara ini juga bisa digunakan untuk mengintegrasikan Axel dan Aria2 Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.