Berita duka dari Voice of Martyrs

Baru saja menerima e-mail dengan berita mengejutkan. Walter Thomas White, direktur eksekutif dari pelayanan Voice of Martyrs (VOM), ditemukan meninggal dunia di salah satu ruangan gedung pusat pelayanan VOM di Oklahoma. Polisi menyatakan kematian Tom White adalah bunuh diri.

Minggu ini pihak berwajib memang sedang mengadakan penyelidikan terhadap Tom White atas laporan dugaan “inappropriate contact with a young girl“. Belum ada bukti berkenaan dengan penyelidikan ini. Tapi sayangnya, daripada menghadapi tuduhan tersebut Tom memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Saya tidak punya hak untuk menghakimi beliau, meskipun ya … ada hikmat dari kejadian ini. Tetapi sekarang ini doa dan kasih saya tertuju kepada keluarga Tom White, istri, anak-anak, dan juga cucu-cucunya, serta pelayanan VOM. Saya sangat tahu pasti bahwa panggilan Tuhan atas pelayanan VOM untuk menolong gereja-gereja teraniaya jauh lebih besar daripada seorang Tom White. Biarkan proses hukum berjalan sebagaimana mestinya, sehingga kebenaran akan terungkap pada akhirnya.

Tom White sudah melayani bersama VOM selama hampir 30 tahun. Termasuk saat dia ditangkap pemerintah Kuba karena perjalanan penginjilannya yang berulangkali ke negara ini. Dihukum 24 tahun penjara, yang oleh desakan internasional hanya dijalaninya selama 1 tahun. God’s Missiles over Cuba dan Jesus Freak adalah dua buku kontribusinya.

Tom White akan dikenang karena pelayanannya yang menguatkan gereja-gereja teraniaya di lebih dari 100 negara yang sudah dikunjunginya secara pribadi. Perjalanan terakhirnya adalah beberapa minggu yang lalu, secara diam-diam ke Cina untuk bertemu dengan para mahasiswa sekolah Alkitab bawah tanah di sana.

Ya, ini waktu yang gelap khususnya bagi pelayanan VOM, doa saya ada untuk mereka, karena saya tahu ada banyak gereja teraniaya di bumi ini yang masih memerlukan pelayanan mereka.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.