Tadeus: kepada siapa Kristus menyatakan diri-Nya?

Rasul berikutnya yang termasuk “low-profile” adalah Tadeus, yang juga disebut Lebeus, atau yang lebih dikenal dengan nama Yudas (bukan Iskariot). Adalah penulis kitab Yudas, juga adalah saudara Yakobus anak Alfeus, dan sekaligus saudara dari Yesus Kristus.

Satu-satunya kisah yang dicatat Injil Sinoptis yang melibatkan Yudas adal di dalam Yohanes 14:21-24

(21) Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.” (22) Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: “Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?” (23) Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (24) Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

Sebuah pertanyaan dari Yudas yang saya rasa sekali waktu akan sangat baik jika dikhotbahkan. Kepada siapa sebenarnya Tuhan hendak menyatakan diri-Nya? Banyak sekali orang Kristen sekarang bersaksi mengklaim bahwa Tuhan Yesus menyatakan diri kepada-Nya. Bagaimana Alkitab mengkonfirmasi hal ini?

Lihat jawaban Tuhan Yesus atas pertanyaan Yudas, adalah tidak mungkin Dia menyatakan diri kepada sembarang orang. Kristus dan Bapa hanya akan menyatakan diri kepada orang yang mengasihi Dia. Apa indikatornya? Yaitu yaitu mereka yang menuruti Firman-Nya dan menuruti kehendak Bapa. Dan bukan sekedar menyatakan diri, Kristus dan Bapa akan diam bersama-sama dengan orang yang mengasihi Dia.

Pertanyaan, apakah kita bisa dimasukkan dalam golongan orang yang mengasihi Dia? Kasihilah Dia, turutilah Firman-Nya dan Bapa, maka Kristus dan Bapa akan menyatakan diri dan diam bersama-sama dengan kita.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

4 thoughts on “Tadeus: kepada siapa Kristus menyatakan diri-Nya?

  1. Yuni

    Maksud/definisi dari menyatakan diriNya apa ya pak Marti?
    apa dalam arti Tuhan menunjukkan diriNya secara langsung ? karena teman saya ada yg pernah bilang pernah melihat Tuhan.

    thx Gbu

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Ibu Yuni, kalau bahasa aslinya menggunakan kata “emphanizo” yang berarti “menyingkapkan diri”. Saya rasa maknanya jauh lebih dalam dari sekedar menunjukkan diri secara langsung. Dalam konteks Yohanes 14, Tuhan Yesus menyatakan diri bukan dalam artian fisik; emphanizo berarti penyingkapan Pribadi Yesus yang sebenar-benarnya, kalau dibaca dari ayat 1, bisa ditemukan bahwa Dia menyingkapkan diri-Nya sebagai jalan, dan kebenaran, dan hidup, dan menyingkapkan diri-Nya dan Bapa adalah satu.
      Apakah tidak bisa Tuhan Yesus menunjukkan diri kepada seseorang secara langsung di masa gereja modern? Saya yakin pasti bisa. Hanya saja kalau ada orang Kristen yang mengaku pernah melihat Tuhan, ayat-ayat tersebut bisa digunakan untuk mengujinya. Apakah sungguh bertambah mengasihi Tuhan dan bertambah taat kepada Firman-Nya atau tidak.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.