Benarkah ada 365 “jangan takut” di Alkitab?

Kapan hari itu dengar ada khotbah mengutip pernyataan yang banyak tersebar di internet ini, ada 365 frase “jangan takut” di Alkitab. Dan saya yakin banyak yang membagikan hal ini di media sosial. Bukannya saya gemar mengkritik khotbah lho ya. Saya menikmati mendengar khotbah — termasuk yang ngawur tafsirannya — tetapi saya lebih menikmati saat saya mempertanyakan dan merenungkan ulang khotbah-khotbah itu.

Nah, saya gunakan aplikasi e-Sword untuk mencari tahu tentang hal ini. O’ya kalau ingin mengunduh aplikasi ini, bisa langsung ke situsnya di http://e-sword.net/, kalau mau memasangnya di sistem operasi Ubuntu atau turunannya, sudah saya tuliskan di sini.

Pertama, saya cari frase “jangan takut”.

Pencarian "jangan takut" dengan e-Sword

Pencarian “jangan takut” dengan e-Sword

Hasilnya ditemukan ada 28 kecocokan.

Lalu, saya cari frase “janganlah takut”, dan ketemu 65 kecocokan.

Pencarian "janganlah takut" dengan e-Sword

Pencarian “janganlah takut” dengan e-Sword

Kalau dijumlah, baru ada 93 ayat yang mengandung frase “jangan takut” atau “janganlah takut”.

Belum menyerah, saya coba frase “fear not” dalam terjemahan King James Version. Dan ditemukan hanya 62 kecocokan.

Pencarian "fear not" KJV dengan e-Sword

Pencarian “fear not” KJV dengan e-Sword

Jadi, dari mana klaim ada 365 “jangan takut” itu? Saya menyadari kutipan-kutipan ini berasal dari bahasa Inggris, ada bukunya, ada situsnya juga, tapi mbok ya diverifikasi dulu. Benar, saya bisa memahami ada keinginan menguatkan, memotivasi, tetapi juga musti dicek dulu toh kebenarannya. Begini lho, takutnya ada jemaat yang mencari tahu — tanpa aplikasi Alkitab — membaca seluruh Alkitab sambil mencatat ayat yang mengandung frase “jangan takut” terus menemukan tidak ada 365 jumlahnya, bukannya malahan jadi batu sandungan.

Lagian, kita tidak perlu Tuhan mengatakan “jangan takut” setiap hari selama satu tahun penuh ‘kan?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

3 thoughts on “Benarkah ada 365 “jangan takut” di Alkitab?

  1. Luis

    Hey tukang kritik, anda berbicara seperti ular beludak. Anda sudah periksa semua terjemahan Alkitab? Anda ada hubungan yang baik dengan Tuhan dalam doa penyembahan? Apa anda merasa lebih benar daripada Hamba-hamba Tuhan yang telah di pilih oleh Tuhan untuk menyatakan rahasia Firman? Anda yang tanpa pergumulan hanya dengan memanfaatkan teknologi beraninya berkata seperti itu. Taukah anda setiap perkataan akan di pertanggung jawabkan? Lebih baik anda diam dan bertobat.

    Reply
    1. martianuswb Post author

      Terima kasih untuk kunjungannya. Terima kasih untuk pujian dan pengingat bagi saya. Tuhan Yesus memberkati panjenengan.

      Reply
  2. cahya

    luis, apakah anda juga sudah memeriksa semua terjemahan alkitab? kalau bisa menemukan terjemahan yg ada 365 kata jangan takut, boleh donk dishare

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.