Menyia-nyiakan keselamatan

      No Comments on Menyia-nyiakan keselamatan

…. bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu ….[1]

Salah satu hal yang sering dibanggakan orang Kristen selama ini adalah apa yang disebut sebagai jaminan keselamatan. Orang Kristen percaya bahwa dengan mempercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka mereka memiliki kepastian untuk masuk ke dalam sorga, kehidupan kekal selama-lamanya.

Tetapi seringkali dilupakan bahwa Alkitab penuh dengan peringatan tentang keselamatan itu. Kita tidak bisa mengatakan, “Okay, aku sudah mendapatkan keselamatan, selesai”. Alkitab dengan tegas menunjukkan bahwa ada yang harus kita kerjakan terhadap keselamatan itu. Ayat di atas memberitahukan kepada kita bahwa kita tidak boleh menyia-nyiakan keselamatan.

Perjanjian Baru menggunakan kata “ameleo” untuk kata “menyia-nyiakan”. Selain dalam Ibrani 2:3, kata ameleo ini digunakan di empat ayat lainnya. Menyia-nyiakan keselamatan dapat terjadi saat seseorang menolak atau mengabaikan keselamatan itu sendiri. Juga bisa terjadi pada orang yang menerima keselamatan tetapi lalai, alpa, atau sembrono dengan keselamatan yang sudah dimilikinya. Ketika orang Kristen yang menyatakan dirinya sudah mendapatkan keselamatan, tetapi hidup sembrono, seenaknya, maka sesungguhnya dia sudah menyia-nyiakan keselamatan.

Indahnya, Alkitab sudah me-wanti-wanti kita untuk waspada dengan hal ini. “Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.[2]. Jangan asal terima khotbah; itu peringatan Alkitab. Salah satu hal yang menjadi perhatian saya adalah banyaknya orang Kristen yang lebih taat kepada pendetanya daripada kepada Alkitab. Sudah tahu kalau tidak ada dasar ayatnya, sudah tahu kalau doktrinnya bertentangan dengan Alkitab, tetapi tetap saja tidak mau berubah. Teliti dan perhatikanlah apa yang telah kita dengar!

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Ibrani 2:3
  2. [2]Ibrani 2:1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.