LibreOffice Writer: menulis not angka di Ubuntu

Kalau dulu pelayanan musik di gereja tinggal main feeling saja, karena melayani bersama dengan tim band. Tapi sekarang karena lebih banyak memainkan piano/organ di gereja dengan buku lagu pujian, maka tidak bisa terlepas dari not angka. Satu buku lagu bisa ada ratusan pujian, kalau menghapalkan jelas tidak mungkin, jadi selalu bawa buku lagu ke gereja.

Setelah memegang tablet Galaxy Tab 2, terpikirlah untuk mengetik not-not buku pujian itu supaya bisa ditampilkan di tablet. Cari-cari aplikasi yang bisa digunakan di Ubuntu juga tidak ketemu, sampai akhirnya malah ketemu dengan font khusus untuk menulis not angka di blog http://henriyulianto.wordpress.com/, silakan langsung mengunduh dari sumbernya di tautan ini. Di sana juga disediakan petunjuk penggunaan font ini oleh penulisnya.

Untuk menginstall font not angka ini di Ubuntu, sudah pernah saya tuliskan di sini. Kelebihan lain dari menggunakan LibreOffice adalah bisa dengan sangat mudah mengubahnya dalam format pdf. Sekarang cukup bawa tablet ke gereja, Alkitab dan lagu pujian sudah ada di dalamnya, sangat membantu dalam pelayanan.

Berikut ini contoh lagu yang sudah saya ketik. O’ya, saya tidak menuliskan syairnya, karena yang saya butuhkan cuma notnya kan 🙂

Sumendhe Ing Gusti Ingat Akan Nama Yesus

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.