Inkscape: Fungsi Ctrl (bagian 7)

Kali ini kita akan belajar menggunakan fungsi Intersection, yang bisa ditemukan pada menu Path > Intersection atau menggunakan kombinasi Ctrl + *. Kita akan menggambar rambu-rambu lalu lintas “Dilarang Parkir” seperti di bawah ini.

Pertama-tama, kita gambar dua lingkaran sebagai dasar, seperti gambar di bawah ini. Lingkaran besar kita beri warna merah, lingkaran kecil kita beri warna putih.

Seleksi dua gambar tersebut dan gunakan kombinasi Ctrl + Shift + A atau Object > Align and Distribute … untuk menampilkan jendela Align and Distribute.

Kemudian klik ikon Center on vertical axis dan ikon Center on horizontal axis. Sehingga dua lingkaran tadi simetri satu dengan yang lain seperti gambar di bawah.

Untuk membuat karakter “P”, klik ikon bergambar huruf A (Create and edit text objects) pada toolbar bagian kiri, atau bisa dengan menekan F8.

Ketikkan “P”, beri warna hitam, perbesar, dan letakkan di tengah lingkaran sebelumnya.

Buat bentuk persegi panjang berwarna merah dengan toolbar Create rectangles and squares atau menekan F4.

Tekan kombinasi Ctrl + Shift + M atau Object > Transform… Pada tab Rotate, di kolom Angle masukkan angka 135, ini akan membuat objek persegi panjang tadi berputar 135 derajad. Letakkan persegi memotong lingkaran dasar.

Pilih lingkaran besar merah dan duplikasikan dengan kombinasi Ctrl + D atau Edit > Duplicate.

Sambil menekan Shift, pilih objek persegi panjang tadi. Dilanjutkan dengan kombinasi Ctrl + * atau Path > Intersection, maka kita dapat potongan yang sempurna seperti gambar di bawah ini.

Silakan dicoba, sangat mudah kok.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.