Selamat tinggal Windows XP >> Ayo pakai Linux

Dalam dua minggu ke depan Microsoft akan mengakhiri penjualan Windows XP.

Setelah penundaan lebih dari sekali, kali ini Microsoft akan menghentikan penjualan Windows XP. Sejak 22 Oktober mendatang, kustomer tidak lagi bisa membeli PC dengan Windows XP (legal) yang sudah terinstal. Hanya akan ada pre-installed Windows 7. Inilah akhir dari sistem operasi paling populer milik Microsoft.

Diakhirinya penjualan Windows XP ini bukanlah sebuah kejutan, mengingat rencana ini sudah ditunda beberapa kali, juga karena tanggapan yang buruk dari pasar mengenai kinerja Windows Vista dan menanjaknya popularitas netbook berbasis Linux.

Windows XP adalah fenomena yang fantastik, diluncurkan pada 25 Oktober 2001, maka sudah berjaya selama 9 tahun. Ini membuat Windows XP sebagai sistem operasi yang paling lama “bertugas”, melampaui pendahulu-pendahulunya.

Sebenarnya, Windows XP sudah direncanakan untuk dihentikan pada Oktober 2007, namun dengan ketidakpopuleran Windows Vista, jadwal ini harus ditunda. Apalagi dengan adanya persaingan dengan sistem operasi berbasis Linux di pasar netbook yang sedang diminati oleh pasar.

Meskipun Windows XP tidak lagi dijual, tetapi Microsoft mengatakan bahwa dukungan/support untuk para pengguna Windows XP baru akan dihentikan pada April 2014.

Meskipun Windows 7 sudah cukup lama dirilis di pasar, popularitas Windows XP belum terkalahkan. Menurut NetApplications, Windows XP masih dipakai lebih dari 60% pengguna komputer, sedangkan Windows 7 baru 17%.

Saya sarankan kepada Anda untuk membeli Windows 7 yang legal dan berlisensi. Apa? Mahal? Memang! Kalau begitu migrasi ke Linux saja ya!

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

2 thoughts on “Selamat tinggal Windows XP >> Ayo pakai Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.