Menghilangkan tulisan Sheet dan Page di LibreOffice Calc

LibreOffice Calc adalah aplikasi spreadsheet yang bisa digunakan untuk pengolahan data, sama dengan Microsoft Excel yang biasa digunakan di Windows. Sebenarnya aplikasi LibreOffice sendiri adalah aplikasi yang multiplatform, artinya bisa dipasang di Linux, Windows, bahkan juga di Mac.

Bagi yang sudah pernah menggunakan LibreOffice Calc, saat lembar kerja dicetak, biasanya di bagian atas akan tercetak juga Sheet # dan di bagian bawah tercetak Page # (dengan # berisi angka). Kalau sheet sudah diberi nama, maka di bagian atas akan tercetak nama sheet tersebut. Mungkin bagi beberapa orang ini tidak mengganggu, tetapi bisa juga mengganggu bagi yang lain.

Sebenarnya tulisan di bagian atas dan bawah hasil cetakan itu adalah fungsi Header dan Footer yang disediakan oleh LibreOffice Calc. Jadi, cara menghilangkannya hanya dengan menonaktifkan Header dan Footer tersebut. Setelah masuk ke LibreOffice Calc, klik Format > Page…

Kemudian klik pada tab Header, dan hilangkan tanda centang pada Header on

Kemudian klik pada tab Footer, dan hilangkan centang pada Footer on, kemudian klik OK.

Maka sekarang, jika kita cetak lembar kerja, tulisan Sheet dan Page tidak akan lagi tercetak.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.