LibreOffice Writer: shortcut untuk Special Character

Kalau sedang menuliskan khotbah bahasa Jawa, pasti akan bertemu dengan Special Character di LibreOffice, terutama huruf é dan è. Special character semacam ini di LibreOffice Writer bisa diakses lewat menu Insert > Special Character…

Special Character

Sedikit repot memang kalau harus setiap kali mengakses menu tersebut. Paling tidak ada dua cara untuk membuat semacam shortcut dari Special Character.

Cara 1.

Misal kita ambil contoh huruf è. Buka menu special character, dan di sebelah kanan bawah tertera Unicode U+00E8. Unicode ini bisa dipakai sebagai shortcut.

Unicode01

Untuk menulis karakter è bisa dipakai keyboard shortcut Ctrl + Shift + U + 00e8. Tekan dulu Ctrl, Shift, dan u, lepaskan, baru kemudian ketikkan 00e8, diikuti dengan spasi atau Enter. Cara yang sama berlaku untuk é yang memiliki unicode U+00E9.

Unicode02

Cara 2.

Menggunakan apa yang disebut sebagai Compose key. Ini diatur melalui Ubuntu. Dari Dash, ketikkan keyboard. Kemudian buka aplikasi Keyboard. Pilih Shortcuts > Typing > Compose Key. Kemudian pilih tombol keyboard yang akan menjadi compose key. Saya memilih tombol Ctrl kanan karena paling jarang digunakan.

Compose01

Compose02

Untuk mengetik huruf è tinggal tekan kombinasi R-Ctrl + e + `. Kalau huruf é dengan kombinasi R-Ctrl + e + ‘. Ada banyak kombinasi compose key lainnya yang bisa dicoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

1 thought on “LibreOffice Writer: shortcut untuk Special Character

  1. Pingback: Compose key di Kubuntu 14.10 | SINAU LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.