Inkscape: Fungsi Ctrl (bagian 5)

Kali ini saya menuliskan fungsi Ctrl di Inkscape dalam kaitannya dengan interaksi dua objek atau lebih. Sebenarnya fungsi ini merupakan shortcut saja, akan sangat mempermudah jika kita bisa menguasainya.

Pertama, kita buat dua objek lingkaran. Objek lingkaran pertama berwarna merah, dan objek lingkaran kedua berwarna biru.

Kemudian kita pilih kedua objek tersebut. Bisa dengan klik satu objek, tekan Shift, lalu klik obejk yang lain. Atau dengan klik dan drag dua objek itu sekaligus. Sehingga akan terpilih dua objek lingkaran itu.

Yang pertama adalah kombinasi shortcut Ctrl + + (tekan Ctrl, Shift, dan +), maka akan dijalankan perintah Union, yaitu menyatukan dua objek atau lebih menjadi satu.

Mengapa kedua objek sekarang berwarna merah, bukan biru? Karena mengikuti objek yang pertama. Kombinasi Ctrl + + ini bisa dilakukan juga dengan Path > Union.

Kalau kita gunakan kombinasi shortcut Ctrl + – (tekan Ctrl dan), maka akan dijalankan fungsi Difference. Dalam bahasa saya, memotong objek pertama dengan objek kedua. Juga bisa dilakukan dengan Path > Difference.

Nah, dengan dua fungsi ini, interaksi antara dua objek atau lebih di dalam Inkscape jadi lebih mudah kan? Selamat mencoba.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.