MP3 Decoding Failed: lost synchronization di Audacity

Beberapa waktu yang lalu dapat tanggung jawab yang baru di pelayanan untuk editing Podcast renungan harian. Senjata andalannya pastinya Audacity. Mengapa Audacity? Kalau menurut saya ini aplikasi editing audio yang paling mudah. Mau menghilangkan noise, menambah treble atau bass, sampai mengubah tempo, gampang banget dilakukan di Audacity.

Nah, ketemu error baru di Audacity. Waktu buka file audio muncul peringatan seperti judul tulisan ini, MP3 Decoding Failed: lost synchronization. Katanya sih ini karena waktu merekam dan menyimpan dalam bentuk MP3 ada kegagalan atau kerusakan. Filenya aman sih, dalam artian masih bisa dipulihkan, dan utuh.

MP3 Decoding Failed: lost synchronization

Bagaimana caranya memulihkan file ini. Ternyata cukup mudah, dengan menggunakan aplikasi VLC media player. O’ya, sebelum lanjut, tutorial ini dilakukan pada sistem operasi Kubuntu 22.04, dengan aplikasi Audacity dan VLC media player. Untuk sistem operasi lain, silakan menyesuaikan. Kalau di Ubuntu dan turunannya, memasang dua aplikasi ini sih tinggal menuliskan sebaris perintah di Terminal.

Buka file yang korup tadi dengan VLC media player — dengan asumsi sudah ada aplikasi ini di komputer kita. Klik Media > Convert / Save … atau bisa juga dengan pintasan Ctrl + R.

Ctrl + R

Pada tab File, klik Add untuk membuka file yang korup tadi. Di bagian bawah, pilih Convert / Save.

Open media

Muncul jendela dialog, pada bagian Profile silakan dipilih format file baru. Di sini saya memilih menggunakan format OGG. Jangan lupa tentukan Destination file. Lalu klik Start dan tunggu proses selesai.

Start Convert

Tutup VLC media player, dan buka kembali file yang baru saja disimpan dengan Audacity. Semestinya sudah bisa dibuka.

Jikalau ada yang mengalami hal yang sama, boleh dicoba langkah-langkah di atas.

=======<0>=======

Jika tulisan saya berguna untuk Anda, bolehlah sedikit saweran untuk menyemangati saya berkarya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.