Manfaat Firman: Menuntun Kepada Keselamatan

Adalah hal konyol jika saya terus memberitakan Firman tanpa ada manfaatnya. Saya akan berhenti mempergumulkan Firman Tuhan, jika itu tidak membawa manfaat dalam kehidupan saya.

2 Timotius 3:15-17

(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
(17) Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Tulisan berseri ini akan melengkapi seri Belajar Alkitab. Terkhusus mengupas manfaat Firman dari 2 Timotius 3:15-17. Paulus memberikan nasihat indah ini kepada Timotius, anak rohaninya.

Roma 10:17

Dari ayat 15, kita melihat secara tersurat bagaimana pentingnya memperkenalkan Alkitab sejak masih masa kanak-kanak. Boleh jadi mereka belum bisa membaca, tetapi orang tua bisa mulai memperkenalkan kisah-kisah Alkitab kepada anak-anak kita. Di sini juga sebenarnya peran pelayanan Sekolah Minggu menjadi sangat penting.

Firman Tuhan itu — Alkitab — yang memberikan tuntunan kepada kita menuju iman akan keselamatan di dalam Kristus Yesus. Ingat Roma 10:17.

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. [1]

No one can have faith without hearing the message about Christ. [2]

Terjemahan CEV memfarafrasekan ayat ini dengan lebih tegas. Tidak akan ada yang punya iman tanpa mendengarkan Firman.

Saya mengenal seorang teman yang sampai sekarang dalam waktu-waktu pembacaan Alkitab pribadinya, selalu membaca dengan bersuara. Dalam pemahamannya, iman timbul karena kita mendengar; mendengar berarti harus ada suara. Boleh saja, tidak perlu dipermasalahkan.

Beritakan firman, perkenalkan firman, karena itu yang akan menuntun kepada iman atas kesalamatan dalam Kristus Yesus.

=======<0>=======

Jika tulisan saya berguna untuk Anda, bolehlah sedikit saweran untuk menyemangati saya berkarya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Roma 10:17
  2. [2]Roma 10:17 (Terjemahan Contemporary English Version)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.