2022 WWL: 01 Afghanistan

      No Comments on 2022 WWL: 01 Afghanistan

Ini pertama kalinya Afghanistan menempati peringkat pertama di World Watch List-nya Open Doors. Situasi bagi orang Kristen Afghanistan menjadi semakin parah sejak Taliban menguasai ibukota, Kabul, pada Agustus 2021.

Persekusi kepada orang Kristen terjadi di semua bidang, baik secara umum maupun dalam kehidupan pribadi. Karena Taliban menguasai semua lini pemerintahan, dengan semua administrasi kependudukan, maka orang Kristen “bawah tanah” menjadi lebih terekspos identitasnya.

Sangat sulit untuk secara terbuka menjadi orang Kristen di Afghanistan. Orang Kristen yang berlatar belakang Muslim akan menghadapi resiko yang besar jika sampai ketahuan. Bahkan sebelum Taliban berkuasa kembali ancaman kematian selalu mengikuti mereka, apalagi dalam kondisi seperti sekarang.

Salah satu hal yang dilakukan Taliban setelah berkuasa kembali adalah memastikan hukum dan tradisi Islam kembali ditegakkan dengan tegas. Semua orang tidak punya pilihan selain tunduk. Pilihan bagi orang Kristen di sana adalah melarikan diri ke luar negeri — yang terbukti sulit — atau pengucilan dari keluarga/suku, bahkan sampai kehilangan nyawa. Selain itu, meninggalkan Islam dan menjadi Kristen dianggap sebagai kegilaan, jadi ada kemungkinan mereka secara paksa dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Bagaimana saya bisa berdoa untuk Gereja di Afghanistan?

  • Berdoa bagi orang percaya klandestin di sana, supaya mereka dilindungi dari kekerasan kelompok Taliban.
  • Berdoa supaya para pemimpin dan pejabat Taliban lebih menghargai kehidupan dan Tuhan mengubah hati mereka kepada kasih.
  • Berdoa untuk lembaga dan organisasi yang menolong para pengungsi Afghanistan.
  • Berdoa untuk orang Kristen yang daftar namanya sudah ada di tangan Taliban.
  • Terkhusus berdoa untuk para perempuan yang harus hidup di bawah rezim yang tidak memperhatikan pendidikan dan persamaan hak wanita.
  • Berdoa supaya Tuhan pulihkan trauma para pengungsi yang berhasil lari ke luar Afghanistan.
  • Berdoa supaya Tuhan membukakan kesempatan bersekutu bagi orang Kristen klandestin di Afghanistan.

Sumber: 2022 WWL Digital Book by Open Doors

=======<0>=======

Jika tulisan saya berguna untuk Anda, bolehlah sedikit saweran untuk menyemangati saya berkarya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.