Updating failed. Error message: The response is not a valid JSON response

Tidak tahu ada apa sebelumnya, mendadak di blog saya muncul pesan error saat membuat post baru. Pesan errornya semacam ini:

Updating failed. Error message: The response is not a valid JSON response.

Strategi standar saya kalau ada pesan kesalahan di WordPress adalah deaktivasi semua plugin, lalu aktivasi satu persatu hingga ketemu plugin yang menimbulkan masalah. Sayangnya, solusi ini tidak berhasil. Saat semua plugin dinonaktifkan, tetap saja muncul pesan kesalahan di atas.

Coba cari informasi di beberapa forum, dan muncul beberapa solusi.

Ini adalah masalah Permalink. Maka ganti permalink-nya. Tidak berhasil, masih tetap sama, meski permalink diganti dengan alternatif lain.

Bisa diatasi jika mengganti Block Editor – default WordPress – dengan Classic Editor. Maka, pasang plugin Classic Editor, tampilannya jadi seperti WordPress zaman dulu. Berhasil, pesan kesalahan tidak muncul. Tapi, ada masalah baru, tidak bisa menyisipkan gambar dan media lainnya. Kesimpulan, masih gagal.

Solusi terakhir yang saya temukan adalah mengedit file .htaccess. Sebenarnya ini solusi pertama yang saya temukan. Hanya saja karena harus mengedit file di dalam WordPress, agak enggan rasanya. Takutnya malah berpengaruh ke seluruh sistem. Tapi karena semua cara lain tidak berhasil, ya akhirnya ini yang dikerjakan, dan ini yang berhasil.

Intinya adalah mengganti isi dari file .htaccess dengan kode berikut.

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} ! -f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} ! -d
RewriteRule . /index.php [L]
SecFilterEngine Off
SecFilterScanPOST Off
</IfModule>

Kode di atas harus diletakkan di antara #BEGIN WordPress dengan #END WordPress

Dan, masalah selesai. Pesan kesalahan tidak lagi muncul.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.