Perubahan lisensi martianuswb[dot]com

Kalau Anda buka halaman lisensi di blog ini, akan Anda temukan sedikit penambahan lisensi.

Ada latar belakang mengapa saya memutuskan menambah term di atas untuk lisensi blog saya ini. Jadi, sekitar akhir tahun kemarin, saya iseng-iseng mencari salah satu judul tulisan saya di Google. Hasil pencarian paling atas memang langsung menunjukkan blog ini, tetapi ketika ditelusuri hasil pencarian lainnya, saya menemukan bahwa ada beberapa skripsi yang menggunakan tulisan saya sebagai referensi, baik sebagai catatan kaki, maupun di daftar pustaka.

Hah? Blog menjadi referensi skripsi? Kalau saya yang menguji, sudah pasti saya coret itu. Memang tidak boleh ya menggunakan artikel di blog sebagai referensi skripsi?

Dari iseng dengan Google itu, saya menemukan dua disertasi yang menggunakan tulisan saya sebagai referensi. Saya tahu persis karena dua orang ini sudah lebih dulu meminta izin, dan yang terpenting mereka hanya menggunakan tulisan saya sebagai ide untuk judul, sama sekali tidak mengutip tulisan saya.

Nah, kembali kepada pertanyaan di atas. Apa salahnya menggunakan tulisan di internet sebagai referensi untuk penyusunan skripsi. Mungkin saya termasuk kuno, tetapi bagi saya tulisan di internet itu — apalagi sekedar blog — belum layak secara ilmiah untuk menjadi referensi bagi penyusunan karya ilmiah. Berbeda tentu saja kalau itu berbentuk jurnal digital yang memang dibagikan di internet.

Berarti tidak boleh? Silakan saja kalau mau ambil referensi di internet. Tetapi, khusus untuk blog saya, ya janganlah. Karena itu, kalau memang ada tulisan saya yang memang Anda pandang layak untuk djadikan referensi skripsi misalnya, mohon berkenan menghubungi saya. Untuk apa?

Bukan tentang harga kok, tidak, sama sekali tidak. Beberapa orang yang menghubungi saya untuk membuat karya ilmiah, biasanya saya hanya minta imbalan dikirimkan abstraknya saja. Tujuan saya adalah supaya bisa membantu Anda menyusun karya ilmiah dengan lebih kokoh. Saya akan membantu mencarikan dasar referensi yang lebih ilmiah.

Misal, Anda ingin mengutip penjelasan saya tentang makna suatu frase dalam bahasa Yunani atau Ibrani. Saya akan menunjukkan referensi yang lebih kuat secara ilmiah. Contohnya bisa kamus, atau kamus digital.

Semisal Anda ingin mengutip tafsiran yang saya tuliskan, saya bisa menolong dengan menunjukkan perbandingan tafsiran dengan misal punyanya Matthew Henry, Albert Barnes, atau Adam Clarke.

Jadi, Anda bisa mendapatkan karya ilmiah yang memiliki dasar yang kuat, karena didukung oleh referensi yang layak secara ilmiah. Maka, sekiranya Anda mengutip tulisan saya untuk penyusunan skripsi, mohon berkenan menghubungi saya dulu nggih. Tetap gratis kok.

=======<0>=======

Jika tulisan saya berguna untuk Anda, bolehlah sedikit saweran untuk menyemangati saya berkarya.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.