Empowering your youth ministry

Bagaimana melayani generasi-generasi muda gereja di zaman ini? Saya sudah cukup lama melayani generasi ini selama beberapa tahun. Dan dalam kurun waktu tersebut, selalu ada perubahan di dalam masing-masing generasi. Maksud saya, ketika saya melayani orang-orang muda 4 tahun yang lalu, kondisinya sangat berbeda dengan orang-orang muda masa sekarang ini.

Sekitar 3-4 tahun yang lalu, saya melayani sebagai Gembala Pemuda dari gereja kami, saya mendekati mereka dengan suatu cara yang khusus. Tetapi, jika saya mendekati kamu muda sekarang dengan cara itu, hal ini jelas tidak akan berhasil. Generasi muda gereja sekarang ini mempunyai kebutuhan yang berbeda. Jika Anda termasuk golongan orang-orang yang melayani generasi muda gereja, perhatikan saya, mereka tidak cukup hanya dikhotbahi saja. Anda tidak bisa datang sekali seminggu dalam ibadah pemuda atau remaja di gereja dan berkhotbah, lalu selesai. Jelas sangat tidak mencukupi.

Saya harap tulisan saya ini bisa menolong Anda yang melayani dan mementoring para pemuda gereja. Meskipun saya tidak lagi ada di dalam pelayanan pemuda, tetapi prinsip-prinsip mentoring ini saya yakin masih berguna bagi pemuda gereja zaman sekarang.

Para mentor — inilah 4 tugas Anda untuk membangun generasi muda:

1. Expose

Kita harus membuka cakrawala berpikir mereka. Menunjukkan kepada mereka orang-orang yang tepat; menunjukkan kepada mereka orang-orang yang berbeda; membawa mereka kepada lingkungan dan budaya yang berbeda. Membawa mereka kepada orang-orang yang baru dan “wilayah” yang baru akan memperluas dan mempertajam pertumbuhan pengalaman mereka.

2. Explain

Kita harus menolong mereka menjelaskan pengalaman hidup. Tidak hanya mengajarkan “apa” yang direnungkan, tetapi lebih kepada “bagaiaman” berpikir dan berhikmat.

3. Exemplify

Mereka harus melihat model kepemimpinan yang sehat. Anda harus memastikan bahwa Anda adalah model kepemimpinan yang layak untuk mereka teladani. Tetapi, Anda juga harus menunjukkan kepada mereka, pemimpin-pemimpin lain yang juga layak mereka teladani.

4. Evaluate

Kita harus mengajar mereka untuk menerima segala bentuk kebenaran, termasuk saat mereka harus mendengar evaluasi.

Pertanyaan saya: Apakah Anda sudah mengerjakan sesuatu untuk generasi muda ini? 

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.