Mengambil keuntungan dari masalah Anda

Baca : Yakobus 1:2-6

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan”Yakobus 1:2

Bagaimana tetap beriman di bawah tekanan

EMPAT FAKTA tentang masalah kehidupan yang harus Anda ketahui:

1. Masalah tidak dapat dihindari

Anda dan saya pasti dan selalu akan menghadapi masalah. Jika Anda tidak punya masalah, cek dulu denyut nadi Anda. Masalah adalah fakta kehidupan. Masalah bukanlah pilihan dalam hidup kita, itu adalah mata kuliah dasar dan wajib.

2. Masalah tidak dapat diprediksi

Yakobus mengatakan, “… apabila kamu jatuh ke dalam …”. Kata “jatuh” di dalam bahasa Yunani adalah “peripipto“. Secara harafiah berarti, “jatuh dengan tiba-tiba”. Masalah tidak pernah Anda rencanakan dan tidak pernah bisa Anda prediksikan, itulah yang membuat masalah dari sebuah masalah.

3. Masalah itu “berbagai-bagai”

Masalah bisa datang kepada Anda dalam berbagai macam bentuk dan jenisnya. Anda tidak akan pernah merasa bosan dengan masalah, karena dia akan datang kepada Anda dalam banyak variasi.

4. Masalah memiliki tujuan

Ya! Tuhan memiliki tujuan saat Dia mengizinkan masalah-masalah datang dalam kehidupan Anda.

  • Masalah memurnikan iman kita (ay. 3)
  • Masalah memperkuat kesabaran dan ketekunan kita (ay. 3)
  • Masalah menyucikan karakter kita (ay. 4)

BAGAIMANA MENYIKAPI MASALAH?

1. Berbahagia dan bersukacita (ay. 2)

Yakobus tidak sedang menuliskan tentang kebahagiaan dan sukacita yang palsu, yang berpura-pura. Kita tidak sedang berbahagia dan bersukacita atas masalah yang kita hadapi. Kita harus berbahagia dan bersukacita di dalam semua masalah itu!

2. Berdoa dan meminta (ay. 5)

Saat masalah datang, berdoalah! Bukan tentang “mengapa”, tetapi berdoalan meminta hikmat supaya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertumbuh itu. Meminta hikmat supaya kita bisa belajar dari masalah itu.

3. Relaks dan tenang (ay. 6)

Percaya bahwa Tuhan tahu yang terbaik untuk hidup kita. Tunduklah dalam tujuan-tujuan Allah, sehingga kita tidak mengambil jalan pintas. Itulah yang kita sebut iman. “Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang“. Relaks!

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia”Yakobus 1:12

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.