Yesus Adalah Jalan

      1 Comment on Yesus Adalah Jalan

Masakan yang seperti ini dikotbahkan lagi to, Mas? Lhoh, masalah keselamatan semacam ini memang pengajaran mendasar dalam kekristenan, tapi kalau menganggap Yesus sebagai pintu keselamatan yang tinggal dibuka dan kita auto-hidup-kekal, ya itu ngawur kuadrat to.

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”[1]

Begini, dalam bahasa aslinya, kata jalan itu dituliskan sebagai hodos. Yang punya beberapa makna.

hodos
Hodos

Pertama, sudah diterjemahkan oleh Alkitab Bahasa Indonesia sebagai jalan. Seperti saya sebutkan di atas, bukan pintu. Yesus bukanlah pintu di mana di sisi ini adalah kebinasaan dan di balik pintu adalah keselamatan kekal. Bukanlah pintu yang dengan hanya melewatinya kita berpindah dari kebinasaan kepada kehidupan kekal.

Oleh kamus Alkitab, dimaknai sangat dalam sebagai journey. Keselamatan itu sebuah perjalanan yang panjang. Bukan hanya itu, di dalamnya adalah perjuangan dan perlombaan.

Kedua, hodos itu adalah a course of conduct. Sudahlah, kalau bingung buka Google Translate saja ya. Rangkaian tingkah laku yang dikerjakan berulang-ulang. Bukankah ini yang disebut dengan karakter atau tabiat.

Ketika Yesus berkata “Akulah jalan ….”, Dia hendak menunjukkan bahwa keselamatan itu hanya kita genggam saat kita meneladani tabiat Kristus.

Ketiga, di sinilah rincian tabiat Kristus itu. Hodos itu adalah a way of thinking, feeling, deciding. Keselamatan itu adalah perjuangan meniru cara Yesus dalam berpikir, berperasaan, dan mengambil keputusan. Apakah cara berpikir kita sudah seperti cara berpikir Kristus? Apakah beban hati kita seperti hati Kristus? Apakah ketika kita mengambil keputusan sudah seperti Kristus? Itulah sesungguhnya keselamatan.

Ayolah para pengkotbah, belajar menggali lebih dalam ya. Dari dua kata ini saja sudah jadi satu pengajaran yang mendalam ‘kan.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Yohanes 14:6

1 thought on “Yesus Adalah Jalan

  1. isee

    bagaimana dengan yohanes 10:9, “Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput” ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.