3 pertanyaan Kristus kepada murid-Nya (bagian 2)

Pertanyaan Tuhan Yesus yang kedua muncul dalam kisah yang begitu terkenal ini. Mungkin menjadi pertanyaan yang paling kita tunggu-tunggu.

Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!” Tetapi orang banyak itu menegor mereka supaya mereka diam. Namun mereka makin keras berseru, katanya: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!” Lalu Yesus berhenti dan memanggil mereka. Ia berkata: “Apa yang kamu kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab mereka: “Tuhan, supaya mata kami dapat melihat.” Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia.[1]

Apa yang kamu kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?

Bukankah ini pertanyaan yang bernilai seperti gunung emas? Sebuah pertanyaan yang jawabannya hampir tanpa batas? Semua yang kita kehendaki akan diperbuat-Nya. Tetapi apakah demikian sebenarnya pertanyaan Kristus?

Jika sekarang pertanyaan ini diajukan kepada kita, bagaimana kita akan menjawabnya? Kesembuhan, kelepasan, kesuksesan, keselamatan, kemakmuran, atau apa? Jawaban kita sebenarnya akan menunjukkan apa yang bernilai bagi kita di dalam hidup kita.

Kata “kehendak” di dalam Matius 20:32 dalam bahasa aslinya adalah thelo yang mengacu kepada purpose; desire, yaitu hasrat atau keinginan terdalam dalam hidup kita. Sebelum menjawab pertanyaan ini, Tuhan mau kita meneliti dengan benar-benar apa yang menjadi kerinduan terdalam dalam hidup kita. Sebuah pertanyaan yang sepertinya mudah dijawab, tetapi sesungguhnya adalah pertanyaan yang berat.

Mengapa saya katakan berat? Perhatikan dua orang buta itu, apa yang mereka kerjakan setelah mereka menerima apa yang mereka kehendaki? Ya, mereka mengikuti Dia. Ketika kita menerima apa yang kita kehendaki, apakah kita akan makin taat mengikuti Dia atau malahan menjadi jauh dari Kristus?

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  1. [1]Matius 20:29-34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.