Menggabungkan video format MKV dan subtitle dengan MKVToolNix

Yang sering mengunduh film di internet pasti tahu kadang tidak menyertakan subtitle di dalamnya. Subtitle itu teks yang muncul pada film, semacam terjemahan begitu. Sebenarnya bisa saja kita unduh subtitle lalu kita putar dengan video player tinggal cari menu subtitle untuk menambahkannya. Bagaimana jika kita ingin menambahkan subtitle supaya jadi satu dengan file videonya?

Video tanpa subtitle

Video tanpa subtitle

Ada satu aplikasi namanya MKVToolNix yang gratis dan multiplatform. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa menggabungkan video berformat MKV dengan subtitle. Meskipun fungsinya sebenarnya lebih dari itu.

Untuk memasangnya di komputer silakan kunjungi https://mkvtoolnix.download/. Di bagian download bisa kita temukan bagaimana cara menginstal sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. Bisa juga Anda cari di repository terlebih dahulu, siapa tahu sudah ada di sana, ‘kan tinggal klik dan install saja.

Nah, yang saya contohkan ini adalah cara memasang MKVToolNix di Ubuntu 16.04 “Xenial Xerus”.

Pertama, buka Terminal kemudian ketikkan perintah berikut:

wget -q -O - https://mkvtoolnix.download/gpg-pub-moritzbunkus.txt | sudo apt-key add -

Langkah di atas adalah untuk mengimpor kunci GPG dari aplikasi ini.

Kemudian, tambahkan sumber APT berikut:

  • deb http://mkvtoolnix.download/ubuntu/xenial/ ./
  • deb-src http://mkvtoolnix.download/ubuntu/xenial/ ./

Kembali ke Terminal, ketikkan perintah sudo apt-get update dilanjutkan dengan perintah sudo apt-get install mkvtoolnix mkvtoolnix-gui

Begitu selesai, MKVToolNix bisa dipakai untuk menambahkan subtitle.

Buka MKVToolNix, cari video yang akan kita tambahkan subtitle.

MKVToolNix GUI v9.2.0

MKVToolNix GUI v9.2.0

Klik Add source file untuk menambahkan subtitle, kemudian klik Start muxing. Begitu selesai, Anda sudah mendapatkan satu file video dengan subtitle di dalamnya.

Video dengan subtitle hasil MKVToolNix

Video dengan subtitle hasil MKVToolNix

Saya sudah mencoba memutar video hasil MKVToolNix ini di komputer dan berhasil masuk subtitle-nya. Yang belum saya coba apakah bisa juga kalau diputar dengan televisi yang mendukung USB.

CC BY-NC-SA 4.0 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.